SOLOPOS.COM - Sruti Respati (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Penyanyi Solo Sruti Respati memenangi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020. Sruti menjadi penyanyi terbaik Kategori Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Keroncong/Stambul/Langgam/Ekstra/Kontemporer Terbaik.

Sebelumnya, ia bersaing dengan nominee lain yakni Gusfu Dan Keroncong Milenial, Keroncong Pemuda Kekinian, Krontjong Toegoe, Mamiek Prasitoresmi, dan Sekolah Dasar Warga Surakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekolah Dasar Warga Surakarta membawa karya barunya Thank You 3000, sementara Sruti membawa lagu Hujan Pagi. Hujan Pagi dirilis bersamaan dengan jumpa pers di Rumah Banjarsari, Selasa (9/6/2020) sore. Isinya tentang harapan doa dan optimisme di tengah wabah Covid-19.

Demi Promosikan Single Baru, Jennifer Lopez Tampil Telanjang

Ekspedisi Mudik 2024

Lirik yang Sruti ciptakan berisi diksi-diksi penenang Jiwa. Ia mengibaratkan semangat positif tersebut lewat narasi hujan pagi yang mengalirkan air kehidupan, menabur benih mimpi, membawa damai hati untuk mengawali hari baru. “Kalau mengutip Agus Noor, Jangan hanya melihat hujan dari apa yg jatuh, tapi pada apa yang akan tumbuh,” kata Sruti saat jumpa pers kala itu.

Mengusung tema Musik Menyatukan Kita, AMI Awards tetap digelar di tengah pandemi coronavirus diseases 2019 (Covid-19). Malam puncak penghargaan musik bergengsi tersebut disiarkan langsung Stasiun Televisi RCTI dan Instagram @amiawards, Kamis (26/11/2020).

Bersaing dengan Didi Kempot

Dilansir dari akun Instagram @amiawards, hingga pendaftaran terakhir ada 2971 jumlah entry lagu yang diterima panitia. Pada Kamis (24/10/2020) panitia mengumumkan nominasi di 53 kategori. Dari kategori tersebut empat seniman Solo yakni Sruti Respati, mendiang Didi Kempot, Aditya Ong Trio, dan Sekolah Dasar Warga Surakarta yang masuk daftar nomine.

Indonesian Idol Digelar di Tengah Pandemi, Daniel Mananta Out

Mendiang Didi Kempot, tembus dua kategori. Kategori pertama yakni Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi/Dangdut Bahasa Daerah Terbaik. Mendiang Didi menjadi nomine karena lagunya berjudul Tulung. Bersaing dengan empat juniornya, yakni Denny Caknan (Los Dol), Fitri Karlina (Alon-Alon Wae), Ndarboy Genk (Balungan Kere), dan Dara Ayu, Bajul Ndanu (Loro Pikir).

Kategori kedua berupa Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik. Lagunya yang terpilih adalah duet Didi – Yuni Shara dalam judul Kapusan Janji. Keduanya bersaing dengan para junior seperti Denny Caknan, Aftershine, Judika, dan Ivan Nestorman.

Semangat Berkarya

Sementara Aditya Ong Trio lolos kategori Album Jazz Terbaik. Bersaing dengan Syaharani feat Queenfireworks, Dewa Budjana feat Tohpati, Dony Koeswinarno, dan Zefanya Putra. Namun dari keempatnya hanya Sruti yang bawa kemenangan.

Lek Dahlan Pencipta Los Dol Luncurkan Lagu Kampung Pesilat Nguatne Ati

Sebelumnya dilansir dari Liputan6.com, Ketua Umum Yayasan AMI Awards, Dwiki Dharmawan, mengatakan jumlah pendaftar tahun ini melonjak drastis. Ia bersyukur karena hal itu menandakan bahwa di masa pandemi ini seniman tetap semangat berkarya.

“Kami sangat bersyukur bahwa pandemi tidak menghentikan para seniman musik untuk berkarya. Justru di tengah keterbatasan dan diharuskan untuk tinggal di rumah saja, kreativitas meningkat,” kata Dwiki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya