[ X ] CLOSE

Selamat, SMAN 3 Solo dan MAN 13 Jakarta Melaju ke Final LCC Virtual Festival Ayo Membaca

Perwakilan dari SMAN 3 dan MAN 13 Jakarta berhasil lolos ke babak final lomba cerdas cermat atau LCC virtual Festival Ayo Membaca (FAM) 2021.
Selamat, SMAN 3 Solo dan MAN 13 Jakarta Melaju ke Final LCC Virtual Festival Ayo Membaca
SOLOPOS.COM - Babak semifinal lomba cerdas cermat atau LCC virtual Festival Ayo Membaca (FAM) 2021 sesi I, Senin (1/2/2021) berlangsung seru.

Solopos.com, SOLO -- Perwakilan dari SMAN 3 dan MAN 13 Jakarta berhasil lolos ke babak final lomba cerdas cermat atau LCC virtual Festival Ayo Membaca (FAM) 2021.

Keduanya memastikan diri lolos ke final setelah melewati babak  semifinal LCC virtual FAM sesi I, Senin (1/2/2021) yang berlangsung seru dan menegangkan.

Babak semifinal LCC virtual FAM 2021 memang sedikit berbeda dibandingkan babak penyisihan. Saat penyisihan, tim bertanding di satu sesi hanya tiga.

Sedangkan pada babak semifinal, empat tim langsung dipertemukan di satu panggung. Selain soal jumlah regu yang bertanding, secara
umum pelaksanaan LCC di babak semifinal dan penyisihan cenderung sama.

Baca Juga: Peluang Bisnis Burger Terbuka Dengan Rp6,5 Juta

Empat sekolah yang berlaga dalam babak semifinal sesi I  adalah dua sekolah di Solo, yakni SMAN 3 Solo dan SMAN 4 Solo, serta SMAN Kerjo dari Karanganyar dan MAN 13 Jakarta.

Empat sekolah ditantang menjawab soal pilihan ganda yang terdiri atas 10 pertanyaan wajib untuk masing-masing tim dan 15 pertanyaan
rebutan. Setiap peserta mendapat berbagai macam pertanyaan seputar keuangan, ekonomi,perbankan, hingga pengetahuan umum.

Pada babak pertanyaan wajib, SMAN 4 Solo mendapat giliran pertama dan berhasil meraih 70 poin. Giliran selanjutnya SMA 3 Solo menjawab 10 pertanyaan wajib dan berhasil meraih poin 80.

SMA Kerjo Karanganyar pada babak pertama berhasil mengumpulkan poin 90 poin atau hanya satu kali gagal menjawab pertanyaan. Sedangkan MAN 13 Jakarta yang mendapat giliran terakhir juga berhasil meraih 90 poin sama seperti raihan poin yang diperoleh SMA Kerjo Karanganyar.

Baca Juga: Harry Kane Absen Karena Cedera, Tottenham Tersungkur Di Markas Brighton

Babak Kedua Saling Kejar

Pada babak kedua atau babak pertanyaan rebutan  semifinal lomba cerdas cermat atau LCC virtual Festival Ayo Membaca (FAM) 2021 sesi I berlangsung lebih seru dan penuh greget.

Pada babak pertanyaan rebutan, setiap peserta berhak menjawab pertanyaan setelah menyebut nama regu dan mengangkat tangan. Peserta mendapat poin 10 bila berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, namun bila salah menjawab, poin dikurangi 5 poin.

Pertanyaan pertama diraih regu B (SMA N 3 Solo) meraih angka pertama pada babak ini. Poin kedua diraih regu C (SMA Kerjo). Meskipun pertanyaan belum selesai dibacakan para peserta saling berebut menjawab pertanyaan host Putu Narendra.

Suasana perlombaan semakin seru, ketika pertanyaan-pertanyaan selanjutnya satu persatu disambar para peserta yang sudah yakin bisa menjawab pertanyaan.

Baca Juga: Mirip Tiga Paus Berenang Di Hutan, Batu Purba Ini Viral

Setelah kurang lebih 15 pertanyaan dilontarkan dan melewati detik-detik yang menegangkan, akhirnya Regu B dari SMAN 3 Solo berhasil meraih poin tertinggi yakni 135 poin.

Kemudian di posisi kedua diraih Regu D atau perwakilan dari MAN 13 Jakarta dengan 105 poin. Sementara regu A dari SMA 4 Solo dan Regu C dari SMA Kerjo Karanganyar meraih poin yang sama atau 95 poin.

Di akhir acara, SMA 3 Solo mengatakan resepnya menang di babak semifinal dan melaju ke babak final LCC adalah yakin dan los. Dengan hasil itu berarti SMA 3 Solo dan MAN 13 Jakarta berhasil melaju ke babak final lomba cerdas cermat atau LCC virtual Festival Ayo Membaca (FAM) 2021 yang akan digelar Selasa (2/2/2021). SMA Kerjo Karanganyar yang merupakan Juara II lomba cerdas cermat FAM 2017 gagal melanjutkan tren positifnya pada tahun ini.

Baca Juga: Pahami Fengsui Arah Rumah Ini!

Ketua Panitia FAM 2021, Danang Nur Ihsan, sebelumnya mengatakan lomba yang didukung Bank Indonesia Solo, Otoritas Jasa Keuangan Solo, Yamaha Indonesia, Indosat Ooredoo, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah ini diharapkan benar-benar bisa membangkitkan semangat pada pelajar jenjang SMA sederajat untuk meningkatkan pengetahuan di bidang ekonomi dan keuangan digital.

Sementara itu, setelah sesi pertama babak semifinal, akan ada empat sekolah lain yang tampil Senin pukul 13.30 WIB atau di sesi dua.

Semifinal sesi kedua bakal diikuti SMA Al Azhar Syifa Budi Solo, SMAN 1 Karanganyar, SMAN 2 Nganjuk, dan SMA Muhammadiyah PK Solo. “Jangan lupa babak semifinal dan final LCC FAM 2021 dapat disaksikan secara live melalui Youtube SoloposTV, Instagram @koransolopos, dan Facebook Solopos.com,” ujar Danang.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago