SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali M. Said Hidayat menerima penghargaan peringkat I Survei Penilaian Integritas (SPI) oleh KPK di Gedung Merah Putih, Rabu (14/12/2022). Pemkab Boyolali meraih indeks SPI sebesar 88,33. (Istimewa/Diskominfo Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali berhasil membawa pulang penghargaan peringkat I Survei Penilaian Integritas (SPI) 2022 kategori Pemerintahan Kabupaten dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan dengan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah lain di Gedung Juang Lantai 3 Gedung Merah Putih KPK RI di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara bergengsi tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPK, Firli Bahuri, dan dihadiri beberapa pejabat seperti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Azwar Anas; Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo; serta Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh.

Dalam acara, Firli menjelaskan pengukuran SPI penting dilaksanakan di pemerintah daerah, kementerian, dan lembaga. Hal tersebut karena SPI adalah gambaran atau potret kondisi tata kelola pemerintah dan pelayanan publik. Tak hanya itu, SPI juga dilaksanakan sebagai langkah bersama mewujudkan tujuan negara yang adil, sejahtera, dan makmur.

Baca Juga: KPK Akui Terima 268 Laporan Dugaan Korupsi di Jawa Timur

“Syarat utamanya adalah tidak boleh ada korupsi. Salah satu penyebab korupsi adalah lemahnya integritas. Korupsi tidak akan terjadi kalau kita sama-sama bergerak maju membangun integritas,” tegas Firli seperti dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (15/12/2022).

Lebih lanjut, Firli memaknai capaian nilai SPI 2022 tidak hanya sekadar angka. Yang jauh lebih penting, lanjutnya, SPI dapat dijadikan semua kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk acuan perbaikan dari rekomendasi KPK.

Dalam acara tersebut, KPK memberikan penghargaan kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dari SPI yang dicapai.

Pemkab Boyolali menerima penghargaan sebagai peringkat I SPI 2022 kategori Pemerintahan Kabupaten dengan indeks 88,33. Dengan indeks tersebut, nilai SPI Boyolali tertinggi se-Indonesia.

Penghargaan peringkat I SPI 2022 untuk Boyolali diberikan oleh Wakil Menteri John Wempi Wetipo kemudian diterima langsung Bupati Boyolali, M. Said Hidayat.

Baca Juga: Kena OTT KPK, Wakil Ketua DPRD Jatim Berharta Rp10,7 Miliar

Bupati Said mengaku berterima kasih atas penghargaan dari KPK atas diraihnya peringkat I SPI 2022 oleh Pemkab Boyolali.

“Harapan kami atas apa yang diterima ini semoga ke depan dapat lebih baik. Agar kami dapat melakukan perbaikan ke depan jauh lebih baik. Terima kasih semuanya. Penghargaan ini adalah penghargaan untuk masyarakat Kabupaten Boyolali,” ungkap dia.

Peringkat SPI terbaik selain Kabupaten Boyolali ada beberapa kategori. Yang pertama kategori kementerian yang diperoleh Kementerian Sekretariat Negara dengan indeks SPI 85,48; kategori lembaga non-kementerian diraih oleh Bank Indonesia dengan indeks SPI 87,28.

Selanjutnya, kategori pemerintah provinsi diraih oleh Pemprov Bali dengan indeks SPI 78,82; dan kategori Pemerintah Kota diraih oleh Kota Madiun dengan indeks 83,00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya