SOLOPOS.COM - Plt Walikota Semarang, Hevearita G Rahayu menyalami Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pada acara Indonesia’s SDGs Annual Conference tahun 2022 di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (1/12/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANGKota Semarang menutup tahun 2022 dengan rentetan prestasi membanggakan. Setelah pekan lalu memboyong penghargaan di bidang kesehatan, pada Kamis (1/12/2022), Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang kembali meraih dua penghargaan, salah satunya adalah Kota Cerdas Bidang Ekonomi atau Smart City Economy.

Selain Smart City Ekonomi, penghargaan I-SIM for Cities Award juga diberikan kepada Kota Semarang dalam raangkaian Indonesia’s SDGs Annual Conference 2022 di Hotel Sultan Jakarta, Kamis. I-SIM for Cities Award merupakan program kerja sama antara PT. Surveyor Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Program ini merupakan bagian dari upaya mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Ini adalah satu kerja keras yang dapat memberikan semangat motivasi untuk tahun-tahun mendatang. Di dalam kegiatan-kegiatan yang terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah kegiatan yang membuat masyarakat sejahtera, tapi tidak melupakan hal yang terkait dengan iklim dan menyangkut bagaimana untuk lingkungan hidup ke depan,” kata Plt Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Penilaian I-SIM for Cities Award dilakukan secara berjenjang mulai dari penilaian data-data BPS, isian mandiri melalui website I-SIM, dan presentasi. Adapun kriteria penilaian meliputi inovasi, kolaborasi, dampak, dan keberlanjutan. Dari hasil penilaian data dan dokumen isian, Kota Semarang terpilih sebagai salah satu dari 15 besar kota terbaik.

Baca juga: Pemerintah Kucurkan Subsidi Pembelian Motor Listrik Rp6 Juta pada 2023

Agenda selanjutnya adalah pemaparan inovasi unggulan pada tanggal 22 Desember nanti. Inovasi unggulan yang disampaikan adalah Kampung Tematik sebagai inovasi untuk mendukung dan meningkatkan capaian SDGs/TPB di Kota Semarang.

Di hari yang sama, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga menerima penghargaan atas Implementasi program Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2021-2022. Kota Semarang meraih penghargaan pada Kategori Smart Economy.

“Seperti yang telah diketahui, Kota Semarang berhasil menjadi kota besar di Indonesia yang mencapai pertumbuhan ekonomi tertinggi pada masa pandemi Covid-19 dengan mencapai angka 5,16 persen,” jelas Ita, sapaan Hevearita.

Baca juga: Kampung Melayu Bersolek, Siap Jadi Ikon Wisata Baru di Semarang

Smart City adalah salah satu konsep pengembangan kota/kabupaten dengan prinsip teknologi informasi yang diciptakan untuk kepentingan bersama secara efektif dan efisien. Ada 191 kabupaten/kota yang berpartisipasi dalam gerakan menuju Smart City yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Tahun ini ada tujuh kabupaten/kota yang unggul dalam masing-masing dimensi/kategori yaitu Smart Governance diperoleh Kota Bandung, Smart Branding diperoleh Kota Surakarta, Smart Economy diperoleh Kota Semarang, Smart Society diperoleh Kota Yogyakarta, Smart Living diperoleh Kabupaten Demak, Smart Environment diperoleh Kota Madiun dan kategori terbaik pada kawasan pariwisata prioritas nasional diperoleh Kabupaten Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya