Selamat! Jebres Solo Juara Lomba Kelurahan Tingkat Nasional 2022

Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo, berhasil menjuarai lomba kelurahan tingkat nasional 2022 wilayah regional II Jawa-Bali yang diselenggarakan Kemendagri.
SHARE
Selamat! Jebres Solo Juara Lomba Kelurahan Tingkat Nasional 2022
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo (paling tengah) menyerahkan penghargaan kepada Lurah Jebres Lanang Aji Laksito di Kantor Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Jakarta, Kamis (24/11/2022). Kelurahan Jebres menjadi juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional II. (Youtube TV BINA PEMDES)

Solopos.com, SOLO — Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo, menjadi juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional II/Jawa-Bali yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pengumuman sekaligus penyerahan piagam dilakukan di Kantor Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Jakarta, Kamis (24/11/2022).  Hadir pada acara penyerahan piagam penghargaan, antara lain lurah/kepala desa yang menjadi juara di masing-masing regional.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Tampak hadir pula bupati/wali kota serta gubernur yang desa/kelurahannya berhasil menjadi juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022. Sementara piagam diserahkan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto.

Setelah Jebres, Solo, yang juara I, juara II Lomba Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional II adalah Kelurahan Bintara, Kota Bekasi, Jabar; juara III Kelurahan Suryatmajan, Kota Jogja, Yogyakarta.

Juara harapan I Kelurahan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali, dan juara harapan II Kelurahan Kanigoro, Kota Madiun, Jatim. Sementara juara I Lomba Desa Tingkat Nasional 2022 Regional II adalah Desa Cibiru, Kabupaten Bandung, Jabar.

Baca Juga: Jebres Wakili Jateng di Lomba Kelurahan Regional Jawa-Bali, Gibran Yakin Menang

Juara II Desa Kendalbulur, Kabupaten Tulungagung, Jatim; juara III Desa Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Juara harapan I Desa Punggul, Kabupaten Badung, Bali, dan Desa Bandung, Kabupaten Pandeglang, Banten menjadi juara harapan II.

Lurah Jebres, Solo, Lanang Aji Laksito, menerima penghargaan sebagai juara I lomba kelurahan tingkat nasional itu langsung dari Wakil Menteri Dalam Negeri. Selain lurah/kepala desa, John memberikan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha.

Penghargaan itu diserahkan kepada kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota atas prestasi dan keberhasilannya dalam membina dan mendorong desa/kelurahan di wilayahnya menjadi juara I Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022.

Kemendagri Dorong Kelurahan Terus Berkreasi dan Berinovasi

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Wakil Menteri Dalam Negeri. John menjelaskan lomba desa dan kelurahan momen yang penting bagi pemerintahan.

Baca Juga: Mantap! Jebres Solo Wakili Jateng Lomba Desa-Kelurahan Tingkat Nasional

“Momen ini dapat menyinergikan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah desa/kelurahan dan menjadi sarana publikasi pertukaran desa dan kelurahan terbaik di seluruh indonesia,” katanya.

Selain itu, lanjut John Wempi Wetipo, lomba desa dan kelurahan tingkat nasional yang tahun ini dimenangi Kelurahan Jebres, Solo, untuk wilayah Regional II dapat mendorong desa dan kelurahan berkreasi dan berinovasi meningkatkan tata kelola pemerintahan bagi kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, Indonesia baru saja sukses menjadi sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. KTT G20 mengusung tema besar Recover Together Recover Stronger.

Baca Juga: Kelurahan Jebres Solo Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jateng

“Dunia sedang mengalami tantangan luar biasa, krisis terus terjadi, pandemi Covid-19 belum usai, serta rivalitas semakin menanjak. Hal ini berdampak pada krisis ketahanan pangan, energi, dan keuangan,” jelasnya.

Dia mengatakan salah satu upaya yang berkontribusi dalam pemulihan ekonomi merupakan transformasi digital dan ekonomi. Pemerintah, pemda, pemerintah kelurahan/desa diharapkan mengambil peran penting dalam transformasi digital dan ekonomi.

Wakil Menteri Dalam Negeri mendorong data profil desa/kelurahan sebagai dasar penyusunan anggaran agar lebih optimal dan terarah. Kemendagri telah melakukan digitalisasi aspek keuangan desa.




Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode