SOLOPOS.COM - Irwan Christanto Edy meraih gelar Doktor dan sekaligus menjadi lulusan ke-43 prodi DM FEB UKSW. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Program Studi Doktor Manajemen (DM) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali meluluskan mahasiswa program doktor. Yakni Irwan Christanto Edy yang sekaligus menjadi lulusan ke-43 prodi DM FEB UKSW.

Disertasinya berjudul “Peranan Pembelajaran Searah (Rekursif) Afektif-Kognitif dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Daring Produk Fesyen (Pendekatan Baru Dalam Membangun Model Sikap)”.

Irwan yang dosen STIE Adi Unggul Bhirawa Solo ini berhasil mempertahankan desertasinya di hadapan para penguji UKSW. Yakni Prof Christantius Dwiatmadja, , Ir Lieli Suharti, Ph.D., dan Hari Sunarto, MBA, Ph.D.

Dalam ujian disertasi ini Irwan di promotori oleh Prof. John J.O.I Ihalauw Ph.D. Bertindak sebagai ko-promotor Dr Linda Kusuma, MM, dan Albert Kriestian N.A.N., Ph.D.

Baca juga: Waduh! Nadiem Marah Sampai Banting Meja, Kenapa?

Dalam rilisnya, Irwan menyebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup sebagai faktor moderasi dan pembelajaran searah (rekursif) afektif-kognitif. Sebagai faktor mediasi pada keterhubungan antara rangsangan organik pemasaran daring di media website terhadap keputusan pembelian daring.

Lebih lanjut Irwan mengatakan dalam penelitian tersebut variabel yang diteliti meliputi keputusan pembelian daring, rangsangan organik pemasaran daring di media website. Gaya hidup, pembelajaran afektif (emosi, preferensi), serta pembelajaran kognitif (persepsi). Adapun responden yang terpilih adalah generasi millenial untuk produk fesyen pada perusahaan e-commerce.

“Hasil temuan penelitian ini membuktikan bahwa gaya hidup dan pembelajaran searah (rekursif) afektif-kognitif. Merupakan faktor yang memberi pengaruh positif pada keterhubungan antara rangsangan organik pemasaran daring di media website terhadap keputusan pembelian konsumen daring. Kontribusi teoritis penelitian ini adalah modifikasi dari teori sikap ABC,” imbuh Irwan. Adapaun metode pengambilan sampel dilakukan Irwan melalui metode purposive sampling.

Irwan yang lulus dengan predikat terpuji (cumlaude) menekankan dari penelitian ini. Bahwa pihaknya ingin memberikan saran kepada pemasar untuk mengoptimalkan media website sebagai media pemasaran daring. Dengan melibatkan pengaruh faktor gaya hidup dan pembelajaran afektif-kognitif seperti emosi, preferensi dan persepsi.

Baca juga: 3CM FKIP UKSW Serahkan Amongkrissa kepada SMP Kristen 01 Solo

Manfaatkan piranti UKSW

Dihubungi terpisah, Ketua Program Studi Doktor Manajemen UKSW Ir Lieli Suharti Ph.D., menyebut meskipun berada di masa pandemi Covid-19 prodi DM terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswanya.

Dikatakannya tantangan selalu ada, salah satunya seperti proses kuliah dan bimbingan yang dilakukan secara daring. Namun tantangan itu teratasi dengan penggunaan platform LMS seperti FLearn milik UKSW untuk online learning.

“Selain itu juga dilakukan sistem monev yang terstruktur kepada mahasiswa. Dimulai dari pengaturan jadwal bimbingan, penentuan jadwal ujian terstruktur, dan komunikasi rutin. Sehingga kami berharap dengan berbagai upaya itu dapat meningkatkan motivasi mahasiswa,” imbuhnya.

Baca juga: UKSW dan TNI Gelar Vaksinasi Massal Bagi Pelajar dan Masyarakat Umum

Lieli menegaskan bahwa sejak tahun 2019, prodi DM FEB UKSW telah mencanangkan program doktor yang dapat ditempuh dalam kurun waktu tiga tahun. Didukung pembelajaran dengan sistem blended learning, menurutnya akan semakin luas jangkauan wilayah mahasiswa yang dapat dilayani. Dengan demikian pihaknya berharap semakin banyak mahasiswa program DM FEB UKSW dapat lulus tepat waktu di masa yang akan datang.

Doktor UKSW
Ujian desertasi di hadapan para penguji UKSW. (Istimewa)

 

Rekomendasi
Berita Lainnya