SOLOPOS.COM - Seluruh pemenang lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi Gibran berfoto bersama Selvi Ananda dan Jan Ethes. (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com. SOLO —  Orang tua peserta lomba memberikan apresiasi kegiatan Jumpa Bunda Selvi Gibran di Taman Balekambang Sabtu (23/7/2022) yang menjadi puncak acara Lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi Gibran.

Nina Iswati, orang tua dari Energy Lintang Khatulistiwa yang menjadi juara I Kategori Kelas IV hingga VI SD salah satunya. Nina menuturkan lomba tersebut dapat memberikan ruang apresiasi dan penanaman literasi bagi anak-anak usia sekolah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya selaku orang tua dan masyarakat pada umumnya mengapresiasi ruang-ruang kreativitas anak seperti lomba ini,” tutur Nina saat diwawancara Solopos.

Selain itu, Nina menuturkan jumpa Bunda Selvi yang menghadirkan para nomine lomba naik ke panggung mampu memberikan kesempatan bagi anak untuk melatih kepercayaan diri.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tadi juga anak kan bisa tampil, melatih kepercayaan diri. Ada persembahan kesenian juga itu sangat bagus,” jelas dia.

Tak hanya itu, Nina juga berterima kasih atas kesempatan dan hadiah yang diberikan kepada peserta.
Mengingat acara ini digelar oleh Solopos Media Group (SMG) dididukung BNI, Fiesta, Teh Sepeda Balap, Modena, Alfamart, Joy Bakery, Kiky, Re.juve, Viva Cosmetic, dan Kusuma Sari.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan. Khususnya kepada Solopos yang telah memberi ruang kreativ bagi anak. Bisa ditambah lagi kegiatan bermanfaat seperti ini,” tuturnya.

Sementara itu, Dian Dwiastuti orang tua dari Kietari peserta lomba juga menuturkan acara tersebut dapat melatih kepercayaan diri anak. Utamanya dalam hal mengungkapkan permasalahan dan cerita yang dialami anak.

“Saya pikir ini sangat bermanfaat. Anak jadi bisa bercerita. Yang mulanya dia minder jadi bisa nulis apa yang dia rasakan dan dibaca oleh orang banyak,” tutur Dian.

Dia juga menilai acara lomba menulis bisa melatih kemampuan dan minat anak dalam dunia literasi.

“Anak jadi paham ternyata melalui tulisan itu bisa melatih kepercayaan diri dia kan, saya bersyukur sekali anak saya bisa menceritakan apa yang dia alami,” tutur dia.

Acara jumpa Bunda Selvi merupakan acara puncak dari rangkaian lomba menulis Surat untuk Bunda Selvi Gibran. Lomba menulis ini menjadi ruang bagi anak untuk mengekspresikan diri lewat tulisan sekaligus mencurahkan perasaan mereka.

Baca Juga:Bakal Digabungkan, SDN Pondok 3 Grogol Mulai Sepi KBM

Lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2022 ini bisa diikuti anak-anak yang duduk di bangku SD kelas I-VI di Soloraya, Jawa Tengah, DIY, dan sekitarnya.

Solopos memilih media surat untuk menyalurkan perasaan atau curahan hati anak dilandasi sejumlah penelitian tentang kesehatan mental yang menyebut menuliskan perasaan lewat tulisan atau expressive writing (termasuk surat) bisa menurunkan tingkat depresi dan stres.

Sementara itu, dalam sambutannya Direktur Bisnis dan Konten Solopos Media Group, Suwarmin menyampaikan apresiasi dan terima kasih terhadap semua pihak yang sudah mendukung suksesnya acara. Dia juga memohon maaf bila masih ada kekurangan.

“Semoga acara ini bisa menadi acara rutin kita untuk mengingatkan pentingnya hari anak, yaitu mengingatkan anak-anak adalah aset masa depan bangsa,” kata dia.

Baca Juga: Peserta Lomba Nulis Surat Curhat Dibully, Selvi: Setop Bullying!

Suwarmin menjelaskan Lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi dilakukan secara langsung menggunakan tangan ke secarik kertas, tidak menggunakan laptop.

“Anak-anak ini menulis di kertas seperti yang dilakukan orang tuanya. Ini untuk mengingatkan kembali kekayaan budaya kita luar biasa. Saya membayangkan saat nulis surat mereka sejenak melupakan gadget masing masing. Ini bukan hal mudah. Karya surat-surat lucu-lucu bisa dibaca di sekolah.solopos.com,” terang dia.

Kisah atau cerita yang disampaikan meburut Suwarmin cukup menggelitik. Ada yang bercerita kakaknya saat ultah dapat hadiah sari Gibran, sehingga dirinya juga ingin mendapatkan hadiah dari Selvi. “Harapannya acara ini mengingatkan kembali kepada kita anak anak adalah aset masa depan bangsa,” tutur dia.

Di pengujung acara pemenang Lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi Gibran diumumkan dan  inilah para daftarnya: 

Baca Juga: Semangat Kerja Keras Bocah Penambang Pasir Boyolali, Upah Rp25.000/Hari

Pemimpin Redaksi SMG, Rini Yustiningsih mengapresiasi antusiasme peserta lomba. Antusisasme anak-anak bisa menjadi penanda tumbuhnya budaya literasi di tengah mereka. Menurutnya, hal itu akan melahirkan daya nalar, daya kritis anak-anak dalam menghadapi situasi yang terjadi di ruang-ruang digital.



“Kami sangat mengapresiasi antusiasme adik-adik. Ini menjadi penanda bahwa anak-anak sudah mengenal budaya literasi. Di era gempuran teknologi digital, literasi sangat diperlukan. Literasi ini pula yang nantinya turut andil membentuk daya nalar, daya kritis untuk menyikapi beragam fenomena di ruang digital,” jelas Rini.

Sementara itu, Manager Program SMG, Tika Sekar Arum mengatakan juri telah mendapatkan para juara dari 11 nomine pemenang lomba.  Berikut daftar pemenang Lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi: 

Baca Juga: 1.300 Volunteer APG 2022 Terpilih, Langsung Ikuti Pelatihan 3 Hari

1. Kategori Kelas 1-3 SD

Juara 1 Nailah Ansharia
Juara 2 Keitaro Al Keano
Juara 3 Ahmad Naufal

2. Kategori Kelas 4-6 SD

Juara 1 Energy Lintang Khatulistiwa
Juara 2 Tiara Khairunnisa Kurniawan
Juara 3 Aurellya Fortunata

3. Juara Favorit (Berdasarkan like dan comment di Instagram)

• Keysha Jullie Ann Zahra
• Zorugo Telaumbanua
• Koen Anandio Prabu Alzaneil
• Adinda Shofi Rahmadhani

4. Penerima Penghargaan Khusus (Tulisan aksara Jawa terbaik)

Chatherine Ayu Veda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya