SOLOPOS.COM - Manajer Digital Marketing PT Sukun Wartono Indonesia Ardiansyah Edy Wartono bersama para pemenang Lomba Pos Ronda Beda Masa Satu Rasa, Merdeka...!!! di Banyumas, Jawa Tengah. (Istimewa)

Solopos.com, BANYUMAS-Sebanyak 40 pos ronda di Kabupaten Banyumas mengikuti Lomba Pos Ronda Beda Masa Satu Rasa, Merdeka…!!!. Kegiatan yang diprakarsai Sukun Special Baru ini berlangsung selama dua bulan, yakni Agustus dan September 2022. Sedangkan penyerahan hadiah bagi para pemenang dilaksanakan di Pos Ronda RT 007/RW 001, Desa Papringan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jumat (30/9/2022) malam.

Manajer Digital Marketing PT Sukun Wartono Indonesia Ardiansyah Edy Wartono mengatakan lomba ini merupakan wujud kepedulian PT Sukun Wartono Indonesia terhadap nilai-nilai luhur budaya Indonesia sekaligus menjaga eksistensi pos ronda di era modern seperti sekarang ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Harus diakui, saat ini keberadaan pos ronda tidak seperti dulu lagi. Masyarakat terutama generasi muda mulai meninggalkan arti penting pos ronda. Padahal fungsi pos ronda cukup berperan dalam menjaga keamanan lingkungan dan menjaga soliditas antarwarga,” kata Ardiansyah saat memberikan sambutan pada seremoni penyerahan hadiah dikutip dari keterangan pers yang diterima Solopos.com pada Minggu (2/10/2022).

Baca Juga: Kasus Curanmor di Banyumas & Jepara Tertinggi se-Jateng

Karena itulah, lanjut dia, dengan adanya lomba ini diharapkan bisa menjadi sarana mengembalikan fungsi pos ronda dan meningkatkan semangat warga untuk senantiasa menjaga keamanan lingkungan sekitar.

Kepala Desa Papringan Kecamatan Banyumas Atam mengungkapkan kegiatan lomba ini memiliki dampak positif bagi warganya. Apalagi, saat ini masih banyak terjadi kasus kriminalitas yang tentu saja harus diantisipasi dengan meningkatkan keamanan di lingkungan masing-masing.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Sukun Wartono Indonesia atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami yakin, kegiatan ini akan memicu warga untuk kembali menghidupkan pos ronda dan penjagaan keamanan lingkungan,” ujar Atam.

Baca Juga: Rekahan Gunung Slamet di Dasar Bumi, Munculkan Air Panas Alami

Lomba Pos Ronda Beda Masa Satu Rasa, Merdeka…!!! ini mencakup empat wilayah kecamatan di Banyumas, yakni Kecamatan Banyumas, Kalibagor, Cilongok, dan Baturraden. Di setiap kecamatan, dipilih 10 pos ronda untuk mengikuti lomba. Para pemenang di masing-masing kecamatan yang meliputi juara, peringkat 2 dan peringkat ketiga mendapat hadiah uang tunai. Sedangkan selama perlombaan berlangsung, seluruh peserta mendapatkan subsidi dana untuk mengkreasi pos ronda yang akan diikutkan di even ini.

Untuk wilayah Kecamatan Banyumas, gelar juara dimenangkan pos ronda RT 007/RW 001 Desa Papringan. Peringkat kedua dan ketiga diraih pos ronda  RT 003/RW 002 Desa Kejawar serta pos ronda RT 001/RW 004 Desa Pekunden.

Pemenang wilayah Kecamatan Cilongok disabet pos ronda RT 003/RW 004 Desa Cipete. Peringkat 2 dan ketiga adalah pos ronda RT 008/RW 001 Desa Cikidang serta pos ronda RT 004/RW 003 Desa Jatisaba.

Baca Juga: Wah, Wilayah Kekuasaan Keraton Solo Ternyata Pernah sampai Banyumas dan Malang

Pemenang lomba di wilayah Kecamatan Baturraden meliputi pos ronda RT 01/RW 05 Desa Rempoah (juara), pos ronda RT 005/RW 002 Desa Pamijen (peringkat 2), dan pos ronda RT 002/RW 004 Desa Kutasari (peringkat 3).

Pemenang Lomba Pos Ronda Beda Masa Satu Rasa, Merdeka…!!!  wilayah Kecamatan Kalibagor yaitu pos ronda RT 003/RW 201 Desa Petir (juara I), pos ronda RT 002/RW 002 Desa Srowot (peringkat 2) dan peringkat ketiga ditempati pos ronda RT 001/RW 001 Desa Pajerukan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya