SOLOPOS.COM - Juara Lomba Lari 28K kategori umum, Master Runners Boyolali, bersama pelatih berfoto seusai lomba gerak jalan 28 K di Alun-Alun Kidul Boyolali, Selasa (25/10/2022). Mereka meraih juara pertama dalam kegiatan tersebut. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI–Tim Master Runners Boyolali dan SMAN 1 Cepogo berhasil menang dalam lomba gerak jalan 28 kilometer (28K) yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Selasa (25/10/2022). Lomba gerak jalan tersebut diikuti 41 tim terdiri atas 24 tim kategori umum dan 17 tim kategori pelajar. Para pemenang lomba berhak mendapatkan trofi dan total hadiah Rp20 juta.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Disporapar Boyolali, Supana, menjelaskan rangkaian rute gerak jalan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tersebut melewati Kecamatan Boyolali, Ampel, dan Mojosongo.

“Jarak 28 kilometer ini mengambil dari tanggal 28 Oktober [Hari Sumpah Pemuda] dan ini merupakan kegiatan rutin,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela acara area Alun-Alun Kidul Boyolali.

Ia menjelaskan untuk rute gerak jalan 28K mengambil daerah yang tidak padat lalu lintas. Dimulai dari Alun-Alun Kidul Boyolali, menuju utara boulevard Soekarno kemudian ke kiri menuju Pasar Boyolali.

Setelah sampai Pasar Boyolali kemudian menuju Simpang Lima Boyolali dan belok kiri ke arah Jalan Merapi. Lalu kembali turun lewat Jalan Merbabu dan selanjutnya menuju ke Pasar Sunggingan Boyolali.

Sesampainya di Pasar Sunggingan, peserta akan diarahkan menuju utara hingga mencapai daerah Ngargosari, Ampel.

Selanjutnya, peserta menuju ke arah timur hingga sampai SMAN 2 Boyolali. Lalu dari SMAN 2 Boyolali, peserta menuju ke pertigaan Pasar Mudal, Kecamatan Boyolali dan menuju Taman Tiga Menara Boyolali sekitar Sunggingan.

Peserta lalu diarahkan ke timur menuju daerah Singkil, Kecamatan Boyolali dan terus turun sehingga peserta akan menyusuri jalan daerah Metuk dan Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

“Dari sana, kami belokkan ke Alun-Alun Lor Boyolali. Kemudian menuju museum [R. Hamong Wardoyo]. Dari museum kami belokkan ke kiri kembali ke boulevard Soekarno dan finish di Alun-Alun Kidul Kompleks Kabupaten Boyolali,” jelasnya.

Selanjutnya, Supana mengatakan animo peserta gerak jalan 28 K dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda di Boyolali ini sangat besar. Terbukti dengan ada 41 regu yang bergabung dalam kompetisi tersebut.

“Jadi untuk kategori [penilaian] itu keutuhan dan kecepatan. Jadi ketika utuh sampai finish dan waktunya paling pendek, maka itu yang jadi juara,” sebutnya.

Sementara itu, pelatih Master Runners Boyolali yang menjadi juara I lomba kategori umum, Triyono, 47, mengatakan timnya menyelesaikan lomba sampai garis finish dengan personel tim lengkap.

“Kami menyelesaikan gerak jalan dalam waktu 3 jam 41 menit dengan skor 500,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com pada Selasa sore.

Sebelum perlombaan pun Triyono juga telah menargetkan timnya merebut juara I Gerak Jalan 28K dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda di Boyolali tersebut.

Target tersebut dia pasang karena timnya telah berpengalaman dalam lomba gerak jalan maupun lomba lari. Ia mengatakan sebelumnya gerak jalan terpanjang yang diikuti adalah lomba Gerak Jalan 28 K dari Pemkab Boyolali ini, sebelumnya timnya telah mengikuti lomba serupa dengan jarak 10 kilometer.

Selain itu, Triyono mengatakan rata-rata usia anggota timnya masih muda dengan kondisi fit. Ia mengungkapkan rata-rata usia anggota timnya adalah 23 tahun.

“Kami sudah latihan fisik, latihan daya tahan, dan latihan kecepatan juga beberapa kali. Harapannya dengan kegiatan ini semoga kami mendapatkan juara satu dan ini sebagai bukti memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” tuturnya.

Berikut daftar pemenang lomba gerak jalan 28 K di Boyolali dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022.

Kategori Umum

Juara I    Master Runners Boyolali

Juara II   Tadika Mesra

Juara III  PGRI Kabupaten Boyolali

Kategori Pelajar



Juara I    SMAN 1 Cepogo

Juara II   SMK Ganesha Tama

Juara III SMKN 1 Sawit

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya