SOLOPOS.COM - Alamsyah Fajar Nursaid Putra dan Nurazizah Rusdiana Dewi (tengah) yang terpilih sebagai Putra Putri Solo 2022 di ajang grand final PPS 2022 di Balai Kota Solo, Minggu (7/8/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Alamsyah Fajar Nursaid Putra dan Nurazizah Rusdiana Dewi terpilih sebagai Putra Putri Solo (PPS) 2022. Mereka berhasil mengalahkan sembilan pasangan lainnya pada malam puncak Grand Final PPS yang berlangsung di Balai Kota Solo, Minggu (7/8/2022).

Juara PPS 2022 dipilih berdasarkan keputusan juri yang terdiri atas RAy Febri Hapsari Dipokusumo, Gembong Hadi Wibowo, Retno Wulandari, Tunjung W Sutirto, dan Elizabeth Sudiro. Alamsyah dan Nurazizah dinobatkan secara simbolis dengan pemberian keris dan mahkota dari PPS 2021 Olivia Firdaus dan Satrio Wahyu Priambodo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Malam puncak PPS 2022 juga memberikan gelar kepada finalis lainnya. Mulai dari PPS Persahabatan 2022 yang diraih Rudy Arinugroho dan Ega Yuanti Santoso; PPS Lingkungan 2022, Yusuf Choiri Ma’ruf dan Bulan Noverina Rahma Saputri.

Ekspedisi Mudik 2024

Kemudian Putra Putri Solo (PPS) Favorit 2022 Zunnur Hersya Saputera dan Saskia Putri Aulia; PPS III Reza Daffa Fhaisal Senno dan Audrey Nethania Wibowo dan PPS Juara II Wirdiantama Ahnaf Lutfiyardanna dan Clara Estelita Darmayanti.

Pada acara yang dimulai pada pukul 19.30 WIB ini, para finalis diberikan pertanyaan terakhir untuk dijawab di depan para juri. Kesepuluh finalis mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan lugas dan jelas.

Baca Juga: Malam Puncak Grand Final Putra Putri Solo 2022, Meriah tapi Khidmat

Generasi Nasionalis

Dewan juri juga sempat berdiskusi untuk menentukan siapa yang menjadi juara PPS 2022. Koordinator Panitia PPS 2022, RAy Febri Hapsari Dipokusumo, dalam sambutannya berharap para finalis PPS 2022 menjadikan generasi muda Kota Solo menjadi generasi yang nasionalis namun tidak melupakan budaya Jawa.

“Acara PPS 2022 merupakan acara yang digagas sejak 2003, dengan harapan menjadi contoh bagi generasi muda di Kota Solo. Selama 15 hari para finalis PPS 2022 kami orientasi, untuk menjadi pemuda yang nasionalis namun juga tetap berakar budaya Jawa. Ini bukan akhir bagi para finalis yang ada di sini, tetapi awal untuk langkah ke depan yang menjanjikan, ” ungkapnya.

Grand final pemilihan Putra Putri Solo itu dihadiri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wawali Teguh Prakosa, dan Putri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire. 

Baca Juga: Finalis Putra Putri Solo 2022 Jalan-Jalan Naik BST, ke Mana Saja?

Putra Putri Solo nantinya akan bertugas mempromosikan pariwisata baik di dalam atau luar negeri. Selain itu, Putra Putri Solo juga akan mewakili Kota Solo dalam pemilihan Duta Wisata Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya