Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Selamat, 3 Sekolah di Sragen Jadi Sekolah Adiwiyata Mandiri

Tiga sekolah di Kabupaten Sragen berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata kategori tertinggi, yakni Mandiri. Sementara ada enam sekolah lain yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata Nasional.
SHARE
Selamat, 3 Sekolah di Sragen Jadi Sekolah Adiwiyata Mandiri
SOLOPOS.COM - Para pejabat berfoto bersama di panggung dalam penyerahan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional tahun 2022 di Jakarta, Kamis (1/12/2022) lalu. (Istimewa/SDN 4 Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Tiga sekolah di Kabupaten Sragen, yakni SDN 4 Sragen, SDN 1 Girimargo Miri, dan SMPN 2 Tangen, meraih predikat Adiwiyata Mandiri 2022. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuatan (LHK) di Jakarta, Kamis (1/12/2022) lalu.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sragen tahun ini mengusulkan 12 sekolah untuk mendapat predikat Adiwiyata, tetapi yang lolos hanya sembilan sekolah. Tiga di antaranya meraih Adiwiyata Mandiri seperti yang sudah disebut, enam sisanya Adiwiyata tingkat nasional.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Enam sekolah tersebut di yakni SMPN 1 Jenar, SMPN 1 Tanon, SMPN 1 Kalijambe, SMPN 5 Sragen, SMPN 6 Sragen, dan SMPN 2 Ngrampal.

“Program Adiwiyata ini untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif,” jelas Kabid Perencanaan Pengaduan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Sragen, M. Purwaka Adi Nugraha, Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga: Ikut Gerakan Tanam Pohon, Ini Partisipasi SMPN 8 Solo di HUT ke-25 Solopos

Syarat menjadi sekolah adiwiyata adalah harus membantu dan mengajak dua sekolah terdekat untuk ikut program Adiwiyata.  Adiwiyata Mandiri merupakan tingkatan paling tinggi.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Salah satu guru SDN 4 Sragen, Muhammad Abdul Azis, mengungkapkan sebelum meraih predikat Adiwiyata Mandiri, sekolahnya pernah mendapat Adiwiyata Nasional pada 2015. SDN 4 Sragen memiliki dua sekolah binaan, yakni SDN 15 Sragen dan SDN 1 Sragen.

“Pertimbangan Adiwiyata Mandiri lainnya, sekolah kami mempunyai ruang terbuka hijau yang luas, sarana prasarana memadai, dan memenuhi 18 kriteria yang menjadi fokus penilaian Kementerian LHK,” ujar Azis.

Untuk maju ke Adiwiyata Mandiri, SDN 4 Sragen sudah mempersiapkan diri sejak 2021. Pihak sekolah memang memprioritaskan upaya meriah predikat Adiwiyata Mandiri ini dengan dukungan anggaran yang tak sedikit.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Baca Juga: MTsN 4 Sragen Terpilih Mengikuti Program Green Movement Solopos

Dampak dari diraihkannya penghargaan Adiwiyata Mandiri bagi sekolah, menurut Azis cukup banyak. Semua civitas sekolah dan wali murid lebih peduli tentang sampah dan lingkungan. Berikut penilaian dan daftar sekolah adiwiyata di Sragen 2022.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode