SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengguna Twitter via telepon seluler (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, JAKARTA–Selama Lebaran, sejumlah operator seluler Tanah Air mencatat peningkatan penggunaan layanan data di beberapa lokasi tujuan mudik.

Adapun aplikasi atau platform yang banyak digunakan adalah layanan over the top (OTT) seperti Youtube, Facebook dan lain-lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhamad Arif mengatakan penggunaan layanan data cenderung mengalami peningkatan selama musim mudik hingga Lebaran lantaran masyarakat memiliki waktu sepanjang hari untuk membuka konten dari Internet.

Menurut pantauan APJII, dia menyebut saat ini masyarakat makin intens menggunakan layanan OTT dan sosial media baik itu messenger, photo sharing, dan short video platforms, diikuti dengan menonton live streaming video atau streaming film, mendengarkan musik, serta game online melalui handphone atau PC.

Baca Juga: OPERATOR SELULER : Libur Tahun Baru, Trafik Data Tri Naik 70%

“Dengan makin besarnya beban bandwidth platform over the top [OTT] dan makin akrabnya masyarakat dengan layanan streaming video, maka sebesar apapun bandwidth yang disediakan operator seluler atau Internet tidak akan pernah cukup,” kata Arif, Minggu (8/5/2022).

Dia menjelaskan berdasarkan pantauan APJII pada periode Ramadan dan Lebaran 2022 ini, kota-kota besar atau destinasi wisata di Pulau Jawa dan Sumatra menunjukkan peningkatan trafik Internet yang cukup besar dibandingkan hari biasanya atau periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan untuk jaringan Internet di daerah yang sulit dijangkau, lanjut Arif, biasanya tetap mengandalkan jaringan seluler dan kondisinya dapat beragam, tergantung pada kondisi infrastruktur Internet maupun jumlah populasi di area tersebut.

Baca Juga: IM3 Ajak Anak Muda Silaturahmi dengan Kuota Besar Freedom Internet

Sebelumnya, Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45.1 Petabyte (PB) atau tumbuh 21% pada momen Ramadan dan Lebaran 2022 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Selama periode tersebut, perusahaan mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35%), TikTok (meningkat 16%), Instagram (naik 15%), YouTube (melonjak 13%) dan Facebook (naik 1%).

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

“Seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat naik sekira 43%, Kabupaten Garut, Jawa Barat tumbuh 34%, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah sebesar 50%, wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat naik sekira 28%, dan wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tumbuh 42%,” tutur Saki.

Baca Juga: Hore, Sekarang Bisa Internetan Gratis di Alun-Alun Karanganyar Lur

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menuturkan hal yang sama. Menurutnya, terjadi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi.

Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, di antaranya Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.

Dia menyebut terjadi peningkatan trafik data sebesar 13% di masa libur Lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini dengan YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3.

“Selain itu juga tercatat pemakaian layanan mobile gaming mengalami kenaikan sebesar 25%, media sosial naik 15%, messaging dan video call naik 43%, serta streaming video dan musik naik 19% dibandingkan dengan hari normal dan Lebaran tahun lalu,” imbuhnya.

Baca Juga: Selain Pertamax, Tarif Internet dan Pulsa Juga Naik per Hari Ini

Sementara itu Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa memerinci bahwa sejumlah aplikasi seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 66%, Netflix naik 16%, YouTube naik 40%, TikTok naik 76%, Spotify naik 21%, dan Vidio relatif stabil.

“Untuk layanan Instant Messenger, secara nasional trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 38%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Twitter meningkat 29% dan Meta [Facebook] 38%,” ujar Gede.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Akses Masyarakat ke Platform OTT Meroket saat Lebaran 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya