SOLOPOS.COM - Foto dok. Penumpang kereta api saat arus balik Lebaran di Stasiun Jember pada Senin (9/5/2022) (Antara/HO-Humas KAI Daop 9 Jember)

Solopos.com, JEMBER — Selama masa anggkutan Lebaran 2022, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember melayani sebanyak 281.016 penumpang.

Jumlah penumpang tersebut naik dan turun di wilayah kerja PT KAI Daop 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi, Jawa Timur sejak 22 April hingga 13 Mei 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Alhamdulillah perjalanan seluruh rangkaian KA di wilayah Daop 9 Jember berjalan lancar selama masa Angkutan Lebaran 2022 dengan total penumpang yang naik dan turun mencapai 281.016 orang,” kata Pelaksana harian Manajer Humas PT KAI Daop 9 Tohari di Jember, Sabtu (14/5/2022).

Menurutnya jumlah penumpang yang naik kereta baik KA lokal, jarak jauh maupun menengah selama masa Angkutan Lebaran 2022 tercatat sebanyak 139.114 orang.

Sedangkan jumlah penumpang yang turun dalam periode yang sama selama 22 hari mencapai 142.902 orang. Demikian dikutip dari Antara, Sabtu (14/5).

Baca juga: Emak-Emak Madiun Protes Kandang Ayam, Bawa Ribuan Lalat untuk Pejabat

“Lonjakan penumpang tertinggi selama masa Angkutan Lebaran terjadi pada Minggu [8/5] dengan jumlah penumpang yang naik sebanyak 8.798 orang, dan yang turun sebanyak 8.529 orang,” tuturnya.

KA jarak jauh/menengah yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember selama masa Angkutan Lebaran yakni KA Ranggajati (Jember – Cirebon PP), KA Logawa (Jember – Purwokerto PP), KA Wijayakusuma (Ketapang – Cilacap PP).

KA Mutiara Timur (Ketapang – Yogyakarta PP), KA Tawangalun (Ketapang – Malang Kota Lama PP), KA Sritanjung (Ketapang – Lempuyangan PP), dan KA Probowangi (Ketapang – Surabaya Kota PP).

Baca juga: Puluhan Warga Desa di Jombang Alami Keracunan Usai Santap Nasi Kotak

Sedangkan KA lokal yakni KA Pandan Wangi (Jember – Ketapang), KA Pandan Wangi (Ketapang – Jember), KA Komuter (Pasuruan – Surabaya Kota), dan KA Komuter (Surabaya Kota – Pasuruan).

“Alhamdullillah secara umum pelaksanaan Angkutan Lebaran dapat terlaksana dengan baik, selamat, aman, nyaman dan sehat,” katanya.

Tohari mengatakan PT KAI Daop 9 telah menjual sebanyak 138.114 tiket KA jarak jauh dan lokal atau 60 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan selama masa Angkutan Lebaran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya