SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem. (Dok. JIBI/Solopos)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani memprediksi bencana hidrometeorologi akan melanda sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng) selama tiga hari ke depan, Kamis-Sabtu (2-4/1/2020).

Bencana berupa angin kencang yang disertai petir dan hujan lebat itu bahkan akan berlangsung dalam durasi yang lebih lama dibanding biasanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo, dalam keterangan resmi menyebut hujan lebat itu bahkan berpotensi menyebabkan tumbangnya pohon, serta kerugian materiel seperti rusaknya rumah dan bangunan.

“Ancaman potensi bencana hidrometeorologi di permulaan tahun 2020 masih belum surut. Peningkatan intensitas curah hujan dengan durasi yang lebih lama di sebagian besar wilayah Jateng akan terjadi beberapa hari ke depan. Perlu kewaspadaan bagi masyarakat akan potensi dampak lainnya berupa banjir, banjir bandang, dan tanah longsor,” tulis Achadi dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Kamis.

Achadi menyebut curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di sejumlah wilayah di Jateng mulai Kamis ini dan akan semakin meluas hingga Sabtu nanti.

Pada Kamis ini, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Pantura Barat sisi selatan seperti Brebes, Tegal, Pemalang, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Batang, Kendal bagian selatan, Magelang, Boyolali, Cilacap bagian utara, Purworejo bagian utara, dan sebagian Kebumen.

Sementara pada Jumat (3/1/2020) hujan badai plus petir akan meluas hingga ke wilayah Karanganyar dan Pemalang bagian selatan. Sedangkan pada Sabtu, curah hujan dengan intensitas lebat akan meluas hingga ke wilayah Jateng bagian timur atau sisi barat Gunung Muria.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya