SOLOPOS.COM - Wahana permainan untuk memeriahkan Sekaten Solo 2022 sudah tiba di Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Selasa (6/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Event Organizer (EO) Diana Ria Enterprise menggunakan layanan listrik dari PLN untuk penyelenggaraan Pasar Malam Sekaten di Alun-alun Keraton Solo yang berlangsung 16 September-16 Oktober 2022.

Nantinya, pedagang mesti membayar biaya listrik yang ditetapkan senilai Rp3.000 per bola lampu. Biaya listrik itu belum termasuk dalam tarif sewa stan. Hanya biaya kebersihan yang sudah include di tarif sewa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

EO acara pasar malam Sekaten yang digelar di Alun-alun utara (Alut) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berusaha menjaga kerapian stan pedagang. Selama satu bulan, EO berusaha menarik masyarakat untuk datang ke acara tahunan tersebut.

Selain mengundang pengisi acara seperti Denny Cak Nan hingga Happy Asmara, EO juga bekerja sama dengan wahana permainan untuk membuat suasana pasar malam Sekaten di Solo semakin semarak. Sedangkan bagi para pedagang stan, mereka mendapatkan fasilitas yang prima selama acara digelar.

Penasihat Event Organizer (EO) Diana Ria Enterprise, Muntohar, saat dihubungi Solopos.com, Senin (5/9/2022), menjelaskan EO berusaha menata stan pedagang agar lebih rapi sehingga nyaman untuk dikunjungi.

 Baca Juga: Stan Sekaten Keraton Solo Sudah Terisi 60%, EO Sebut Minat Pedagang Tinggi

“Jadi kami ingin nantinya para pedagang lebih tertata dengan stan yang kami dirikan bersama tenda-tendanya juga lebih nyaman untuk dikunjungi, plus juga memudahkan masyarakat untuk bisa berkunjung, karena tujuan penataan supaya ada akses untuk dilewati pengunjung,” ungkapnya.

Artis Papan Atas

Fasilitas seperti listrik disediakan EO bekerja sama dengan PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik pedagang. Nantinya para pedagang akan ditarik iuran Rp3.000 per bola lampu.

Sedangkan untuk kebersihan, Muntohar menyebut harga sewa stan yang dibayarkan pedagang sudah termasuk iuran kebersihan selama satu bulan.

Baca Juga: Wah! Happy Asmara hingga Denny Caknan bakal Ramaikan Sekaten di Keraton Solo

“Listriknya itu per zona, sudah ada orang bagian PLN sendiri-sendiri karena juga ada mainan anak-anak dari Diana Ria. Untuk listriknya nanti ada iuran Rp3.000 per lampu. Sedangkan untuk kebersihan, sudah tidak ada iuran karena sudah include dengan harga stan yang dibayarkan,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, EO pasar malam Sekaten Solo menyediakan kurang lebih 500 stan di kawasan Alut Keraton Solo. Dari jumlah itu, hingga Senin (5/9/2022) sudah 60% yang terisi. Harga sewa stan bervariasi mulai Rp3 juta hingga Rp12 juta.

Ini merupakan kali pertama pasar malam Sekaten digelar setelah sempat vakum dua tahun gara-gara pandemi Covid-19. EO berusaha membuat acara itu semeriah mungkin dengan mendatangkan sejumlah artis papan atas dan yang tengah naik daun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya