SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang bingung. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Puasa Ramadan adalah ibadah yang wajib dilaksanakan umat Islam. Namun dalam Islam, ada sejumlah puasa yang hukumnya haram dilaksanakan.

Berdasarkan keterangan di laman resmi Nahdlatul Ulama (NU), Nu.or.id, puasa saat Lebaran atau Hari Raya Idulfitri dilarang. Selain saat Idulfitri, puasa yang dilarang adalah saat Hari Raya Iduladha tanggal 10 Zulhijah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Puasa pada Hari Tasyrik, yaitu pada 11 Zulhijah hingga 12 Zulhijah dilarang dalam Islam. Selama separuh terakhir Bulan Syaban, umat Islam juga dilarang berpuasa, yakni mulai 16 Syaban hingga hari terakhir Bulan Syaban.

Baca Juga: Hukum Onani dan Masturbasi saat Puasa

Puasa yang haram hukumnya selanjutnya adalah puasa pada hari yang meragukan, yaitu berpuasa pada 30 Syaban, saat orang-orang telah membicarakan tentang hilal atau melihat bulan sabit di ufuk sudah memasuki Ramadan atau belum.

Umat Islam juga dilarang berpuasa saat kesaksian hilal Ramadan tidak bisa diterima, seperti kesaksian seorang anak kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya