Selain Rekreasi, Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul Juga Ajarkan Adab

Selain menawarkan keindahan alamnya, Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul juga memberikan unggah-ungguh atau adab kepada wisatawan.
SHARE
Selain Rekreasi, Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul Juga Ajarkan Adab
SOLOPOS.COM - Gunung Api Purbu di Desa Nglanggeran. (Facebook)

Solopos.com, GUNUNG KIDUL — Desa Nglaggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, ditetapkan organisai wisata dunia (UNWTO) menjadi salah satu Desa Wisata Terbaik Dunia 2021. Desa ini juga termasuk desa wisata hidden gem karena lokasinya yang di pelosok.

Desa ini menawarkan keindahan alam dan keunikan Gunung Api Purba kepada wisatawan yang berkunjung. Puluhan home stay atau tempat penginapan juga sudah disiapkan untuk pengunjung agar mendapatkan pengalaman seru merasakan suasana pedesaan.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Wisatawan juga dapat berbaur dan berinteraksi langsung dengan penduduk setempat. Tak hanya itu, wisatawan akan diberikan pengetahuan mengenai berbagai hal seperti flora fauna, mengolah cokelat sebagai oleh-oleh khas, membatik, hingga unggah-ungguh.

Baca Juga: Selamat! Desa Wisata Sangiran Sragen Raih Penghargaan Kategori Homestay

Selain Nglanggeran, desa wisata di Gunung Kidul yang memiliki potensi yang sama yakni wilayah Mulo, Desa Tepus, dan juga desa wisata lainnya.

Dikutip dari laman Pemprov Daerah Istimwa Yogyakarta (DIY), Senin (17/1/2022), desa wisata tersebut sudah sesuai dengan visi Dinasi Pariwisata DIY yaitu menjadikan destinasi pariwisata terkemuka berbasis budaya di Asia Tenggara yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Awal Mula Desa Wisata Nglaggeran

Pegiat Desa Nglaggeran Sugeng Handoko membeberkan Nglanggeran menjadi desa untuk rekreasi setelah para pemuda setempat ingin menjaga lingkungan dan memimpikan Kawasan Gunung Merapi Purba tak cuma dimanfaatkan warga setempat untuk mengambil kayu, batu, dan lainnya.

Mereka kemudian membuat Embung Nglanggeran untuk mengairi sawah agar dapat panen dua kali dalam setahun. Minimnya air dikawasan tersebut juga menjadi alasan dibuatnya embung.

Baca Juga: Buka di Luar Hari Pasaran, Pasar Bahulak Sragen Gelar Aneka Pertunjukan

Warga terus berinovasi hingga akhirnya Nglanggeran menjadi desa wisata. Selain mengajak interaksi dan memberi pengetahuan kepada wisatawan, warga setempat juga menjadikan rumahnya menjadi home stay.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago