SOLOPOS.COM - Benteng Portugis di Jepara. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, JEPARA — Jepara merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah (Jateng) yang terkenal akan destinasi wisata pantai yang eksotis, berpasir putih, dan laut yang biru. Meski demikian, Jepara rupanya juga memiliki berbagai destinasi wisata yang cukup populer dan layak dikunjung selain pantai.

Dikutip dari laman jepara.go.id, kabupaten yang berada di daerah pesisir utara Jawa Tengah (Jateng) ini memang kaya akan keindahan pantai. Ada sekitar 11 tempat wisata di Jepara yang menyajikan keindahan pantai mulai dari Pantai Kartini, Pantai Tirto Samodra, Pantai Empu Rancak, Pantai Pungkruk, Pantai Guamanik Pecatu, Pantai Teluk Awur, Pantai Beringin, Pantai Ombak Mati, Pantai Blebak, Pantai Banyutowo, Pantai Bayuran, hingga Pantai Pailus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, selain wisata pantai, Jepara juga memiliki sederet objek wisata lain dengan konsep yang beraneka macam mulai dari sejarah, religi, hingga kuliner.

Berikut deretan tempat wisata di Jepara selain pantai yang cukup populer dan layak dikunjungi:

1. Benteng Portugis

Benteng Portugis merupakan salah satu objek wisata andalan di Jepara. Tempat wisata ini terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, atau sekitar 45 km di sebelah timur laut Kota Jepara.

Benteng Portugis dulunya merupakan tempat perlindungan dari tentara Belanda yang dibangun pada masa Sultan Agung dari Kerajaan Mataram Islam. Benteng merupakan bentuk kerja sama Kerajaan Mataram dengan Bangsa Portugis untuk melawan VOC atau Belanda.

Kini, Benteng Portugis hanya berbentuk reruntuhan bangunan. Meski demikian, tempat ini masih menjadi tujuan wisata yang cukup terkenal di Jepara, selain bertamasya ke pantai.

2. Benteng VOC

Selain Benteng Portugis, bangunan bersejarah lain yang layak dikunjungi saat berlibur ke Jepara adalah Benteng VOC. Benteng VOC Jepara terletak di Dusun Ujungbatu, Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara atau sekitar 0,5 km dari pusat Kota Jepara.

Benteng ini terletak di atas Bukit Danareja dengan ketinggian sekitar 35,05 meter di atas permukaan laut (mdpl). Benteng ini didirikan pada abad ke-17 dan telah dipugar oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta pada September 2013 lalu.

3. Gunung Muria

Wisata Jepara selain pantai yang cukup terkenal lainnya adalah Gunung Muria yang berada di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Gunung Muria berada di ketinggian 1602 mdpl serta memiliki jalur pendakian yang menantang bagi wisatawan lantaran cukup curam.

Di Gunung Muria, wisatawan juga bisa berziarah ke makam salah satu tokoh Islam, Walisongo, yakni Sunan Muria. Untuk dapat menikmati wisata ini, wisatawan cukup merogoh uang Rp2.500.

4. Air Terjun Songgo Langit

Wisata Jepara selain pantai lainnya yang cukup terkenal adalah Air Terjun Songgolangit yang berada di Dukuh Nglencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang. Lokaasinya sekitar 30 km sebelah utara dari pusat kota Jepara.

Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dengan lebar 2 meter. Di sekitar air terjun ini bisa ditemui beraneka ragam kupu-kupu. Meski cukup populer, wisatawan yang ke sini diimbau untuk tidak berenang karena banyak korban tenggelam di lokasi ini.

5. Museum RA Kartini

Museum RA Kartini bisa menjadi wisata alternatif selain pergi ke pantai di Jepara. Museum ini terletak di utara Alun-alun Jepara, Jawa Tengah (Jateng).

Museum ini terdiri dari tiga buah gedung yang dibangun di atas lahan seluas 5.210 meter persegi. Museum ini banyak menyimpan benda-benda peninggalan RA Kartini dan kakaknya, Sosro Kartono, serta benda-benda kuno yang ditemukan di wilayah Kabupaten Jepara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya