Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Selain Mengantuk, Ketahui Pemicu Menguap

Untuk menentukan penyebab sering menguap yang Anda alami, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.
SHARE
Selain Mengantuk, Ketahui Pemicu Menguap
SOLOPOS.COM - Ilustrasi menguap (Sciencefocus.com)

Solopos.com, SOLO-Menguap tidak selalu pertanda mengantuk dan lelah, karena itu sebaiknya ketahui pemicu aktivitas ini. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Menguap yang terjadi sesekali umumnya bukanlah kondisi yang berbahaya atau berkaitan dengan penyakit. Sebuah riset menunjukkan bahwa menguap merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk meningkatkan jumlah oksigen. Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa aktivitas ini berkaitan dengan kebosanan.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Namun, jika menguap dilakukan terlalu sering atau ketika tidak merasa ngantuk, hal ini mungkin menjadi tanda adanya kondisi medis tertentu.

Baca Juga: TPR Parangtritis Ditabrak Mobil Sampai Hancur, Diduga Sopir Ngantuk

Berikut ini pemicu menguap selain mengantuk seperti dikutip dari alodokter.com pada Sabtu (6/8/2022):

1. Mendinginkan otak

Sebuah teori menyebutkan bahwa menguap merupakan salah satu upaya alami tubuh untuk mendinginkan otak. Ketika menguap, otot leher, rahang, dan wajah akan meregang, sehingga dapat meningkatkan aliran darah di bagian kepala dan wajah.

Selain itu, ada juga studi yang menyatakan bahwa seseorang akan lebih mudah menguap saat udara dingin daripada ketika udara sedang panas.

Baca Juga: Bus Pariwisata Terjun ke Jurang Akibat Sopir Ngantuk, 3 Meninggal

Saat mengambil napas dalam ketika menguap, udara dingin akan masuk ke dalam rongga sinus dan hal ini membuat suhu udara dingin tersalurkan ke otak melalui pembuluh darah. Sesampainya di otak, suhu dingin tersebut akan mendinginkan otak.

2. Melihat orang menguap

Berbagai riset mengungkapkan bahwa menguap bersifat menular. Hal ini diduga berkaitan dengan rasa empati seseorang. Inilah yang membuat mengapa Anda mudah menguap ketika melihat orang di sekitar menguap, terlebih orang yang dikenal atau dekat dengan Anda.

3. Merasa bosan

Pernahkah Anda merasa bosan, kemudian tanpa disadari Anda menguap? Jika pernah, hal tersebut sebenarnya wajar terjadi. Aktivitas menguap memang bisa disebabkan oleh rasa bosan.

Baca Juga: Ini Cara Ampuh Lenyapkan Rasa Kantuk Saat Mengemudi

Jadi, jika Anda melihat dua orang yang sedang berkomunikasi kemudian salah satunya sering kali menguap, bisa jadi orang tersebut merasa bosan selama sesi perbincangan.

4. Memiliki penyakit tertentu

Terlalu sering menguap, terutama yang dilakukan tanpa rasa lelah atau mengantuk, bisa jadi tanda adanya penyakit tertentu, seperti:

– Anemia atau kurang darah
– Sinkop vasovagal atau kondisi akibat refleks saraf berlebihan di dalam tubuh yang membuat seseorang mudah pusing dan pingsan
– Sleep apnea
– Sindrom kelelahan kronis
– Kelainan tiroid
– Narkolepsi
– Gangguan otak, seperti seperti tumor otak, stroke, atau epilepsi
– Penyakit kronis, seperti multiple sclerosis, diabetes, dan gagal hati

Baca Juga: Pengemudi Ngantuk, Mobil Tabrak Pembatas Hingga Keluar dari Tol Madiun

Untuk memastikan apakah keluhan sering mengantuk memang disebabkan oleh penyakit tertentu atau tidak, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Untuk menentukan penyebab sering menguap yang Anda alami, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, seperti tes darah, CT scan atau MRI otak, elektroensefalogram (EEG), dan sleep study.

Menguap adalah aktivitas yang wajar terjadi, terutama jika Anda sedang merasa lelah, bosan, atau melihat orang lain menguap.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode