SOLOPOS.COM - Karyawan JD.ID beraktivitas sebelum pengumuman penutupan. Penyebab JD.ID bangkrut diduga karena platform market place tersebut karena ketatnya persaingan. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-E-commerce JD.ID yang bakal tutup permanen pada 31 Maret 2023. Ternyata, tidak hanya JD.ID platform e-commerce yang berguguran di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Tercatat sudah ada tujuh platform e-commerce yang tak melanjutkan masa depan mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID Setya Yudha Indraswara mengatakan perusahaan akan menghentikan semua layanan pada 31 Maret 2023.

Hal ini pun merupakan keputusan strategis dari induk perusahaan yaitu JD.COM.

“JD.ID menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pelanggan, penjual, mitra, dan karyawan atas dukungan yang telah diberikan dalam perjalanan kami selama ini,” ujar Setya,Senin (30/1/2023).

Sebelum JD.ID menutup bisnisnya di Indonesia, beberapa e-commerce lainnya sudah melakukan penutupan terlebih dahulu seperti Rakuten, Blanja.com dan Elevenia.

Berdasarkan rangkuman Bisnis ada tujuh e-commerce yang menutup bisnis di Indonesia sebelum JD.ID.

Daftar 7 E-Commerce yang tumbang di Indonesia

  1. Rakuten

Rakuten, e-commerce asal Jepang ini menutup layanan di Indonesia pada 2016. Rakuten pun masuk ke pasar ke Indonesia bersama dengan MNC Group. Dilansir dari Reuters, Rakuten keluar dari pasar dagang-el Indonesia dikarenakan pergeseran model bisnis yang tidak sesuai dengan konsep awal yang disepakati.

  1. Blanja.com

Blanja.com merupakan e-commerce gabungan dari eBay dan Telkom. Platform dagang-el ini pun tutup pada 1 September 2020 atau setelah 8 tahun beroperasi di Indonesia. Penutupan ini pun dikarenakan adanya perubahan strategis bisnis.

  1. Elevenia

Elevenia merupakan e-commerce patungan antara PT XL Axiata Tbk dan SK Planet dari Korea Selatan. Elevenia pun baru saja menutup bisnisnya pada 1 Desember 2022 atau setelah 8 tahun beroperasi di Indonesia. “Efektif per hari ini kami menutup layanan www.elevenia.co.id. Terima kasih telah menjadi mitra kami selama ini,” jelas pengumuman Elevenia di situs resminya.

  1. Cipika

Cipika merupakan e-commerce milik Indosat. Adapun e-commerce ini hanya dapat bertahan beberapa tahun dikarenakan dinilai memiliki pertumbuhan yang lambat. Cipika pun ditutup pada 2017.

  1. Qlapa

Qlapa merupakan e-commerce yang memiliki fokus ke dalam satu vertikal yaitu menyiapkan karya seni atau cenderamata. Qlapa pun ditutup pada 2019, setelah empat tahun berdiri.

  1. Sorabel

Sama seperti Qlapa, Sorabel juga merupakan e-commerce yang fokus pada vertikal fashion. E-commerce ini pun tutup karena adanya proses likuidasi pada 2020.

  1. Tokobagus

Tokobagus merupakan salah satu e-commerce yang terkenal pada awal kemunculannya di Indonesia pada 2010-2014. Adapun Tokobagus yang sempat mengganti nama menjadi OLX, kemudian mengganti bisnisnya menjadi marketplace untuk penjualan mobil bekasnya.

Alhasil Tokobagus tutup di Indonesia sejak 2014.

  1. JD.ID

JD.ID merupakan startup vertikal e-commerce yang dikenal dengan penjualan gadget miliknya. E-commerce asal China ini akan meninggalkan pasar e-commerce Indonesia pada Maret 2023.

Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID Setya Yudha Indraswara mengatakan pihaknya akan menghentikan semua layanan pada 31 Maret 2023.

Hal ini pun merupakan keputusan strategis dari induk perusahaan yaitu JD.COM.

Lebih lanjut, JD.COM akan berfokus di pasar international yang mana akan mengembangkan pembangunan jaringan rantai pasok lintas-negara, dengan logistik dan pergudangan sebagai intinya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Tak Cuma JD.ID, Ini Daftar 7 E-Commerce yang Tumbang di Indonesia”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya