Selain Giring eks-Nidji, Deretan Penyanyi Ini Juga Jadi Kader Parpol

Bukan hanya mantan vokalis Nidji, Giring, yang menjadi kader partai politik (parpol).
Selain Giring eks-Nidji, Deretan Penyanyi Ini Juga Jadi Kader Parpol
SOLOPOS.COM - Giring Nidji (Instagram @giring)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit penyanyi Indonesia terjun ke dunia politik dengan menjadi kader partai politik (parpol), salah satunya adalah Giring. Belum lama ini mantan vokalis Nidji ini memberikan komentar kontroversial terkait Anies Bawesdan.

Penyanyi kelahiran 1983 itu menjadi  kader parpol dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di bawah naungan Grace Natalie. Pada 2019 lalu, ia pun pernah mencalonkan diri sebagai caleg. Tapi sayang, dirinya gagal lolos menduduki kursi sebagai anggota DPR. Namun demikian, tentu bukan hanya Giring yang rela melepas karier bermusiknya lalu masuk ke ranah politik. Sejumlah seleb berikut ini diketahui juga memilih untuk menjadi politisi.

Mengutip laman Bisnis.com, Kamis (23/9/2021), berikut ini deretan penyanyi yang jadi kader parpol:

1. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani resmi menjadi kader parpol Gerindra pada 2017 lalu. Pentolan grup band Dewa-19 tersebut sempat maju di pemilihan bupati Bekasi sebagai calon wakil bupati bersama dengan Sa’duddin. Namun, mereka kalah suara dengan petahana Neneng Hasanah Yasin dan Eka Supria Atmaja.

Baca Juga: Kontroversi MSG, Berbahaya atau Tidak untuk Tubuh?

2. Charly Van Houten

Vokalis grup Setia Band ini terjun ke politik dengan bergabung ke Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Sayang, partai yang menaunginya tidak memenuhi ambang batas parlemen sebesar 4 persen pada Pemilu 2019, sehingga ia pun tidak bisa menduduki kursi di Senayan.

3. Ian Kasela

Pemilik nama asli Iandika Mulya Ramadhan ini sempat mencalonkan diri dalam Pemilu Legislatif 2019. Ia maju sebagai caleg dari PDI Perjuangan untuk Dapil Kalsel I.

4. Riefian Fajarsyah

Vokalis grup band Seventeen ini juga sempat mencalonkan diri sebagai calon legislatif pada 2019. Ia merupakan kader parpol dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga: Jadi Produk Keluarga Broken Home, Anak Ikke Nurjanah Buktikan Tidak Broken

5. Anang Hermansyah

Pada 2014, dengan didukung oleh Partai Amanat Nasional, Anang berhasil menjadi anggota DPR RI dan masuk dalam Komisi X yang menangani urusan pendidikan, olahraga, dan sejarah.

6. Desy Ratnasari

Kader Partai Amanat Nasional ini sukses menjalankan kariernya di bidang politik. Ia sempat menjadi anggota DPRD Jawa Barat untuk periode 2014-2019. Lalu, saat ini Desy kembali terpilih sebagai anggota DPR  periode 2019-2024.

Baca Juga: Profil Demas Narawangsa, Pria yang Berhasil Mencuri Hati Eva Celia

7. Krisdayanti

Pada Pemilu 2019 lalu, ibu kandung Aurel Hermansyah ini berhasil lolos sebagai anggota DPR  periode 2019-2024 mewakili Dapil Jawa Timur V. Beberapa waktu lalu, ia pun sempat membuat ramai publik lantaran blak-blakan menyebut gaji bulanan yang ia peroleh.

8. Mulan Jameela

Sama seperti Krisdayanti, Mulan Jameela juga berhasil melaju ke Senayan. Ia resmi menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 mewakili Dapil Jawa Barat XI.

9. Pasha Ungu

Lewat Pilkada 2015, vokalis Ungu ini berhasil lolos menjadi Wakil Walikota Palu. Sama seperti Anang, Pasha juga diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago