SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka (kedua kanan) dan Achmad Purnomo berfoto dengan warga saat melayat G.K.R. Galuh Kencana di Sasana Mulyo Solo, Jumat (1/11/2019). (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, JAKARTA -- Tak dapat dipungkiri bahwa Gibran Rakabuming Raka sangat populer di kalangan warga Kota Solo, bahkan juga di seluruh Indonesia. Namun, putra sulung Presiden Jokowi yang maju dalam Pilkada Solo 2020 itu rupanya masih harus bekerja keras untuk jika ingin menang dan terpilih sebagai Wali Kota Solo.

Sebagai bakal calon wali kota Solo dari PDIP, elektabilitas Gibran rupanya masih kalah dari seniornya di partai, yakni Achmad Purnomo. Purnomo merupakan calon wali kota hasil penjaringan DPC PDIP Solo pimpinan FX Hadi Rudyatmo. Saat ini Purnomo menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Temuan elektabilitas itu didapat dari survei yang dilakukan Median yang dilakukan sejak 3 Desember hingga 9 Desember. Dalam survei itu, 800 responden yang terlibat dalam survei tersebut mengikuti metode pertanyaan terbuka untuk menentukan sosok wali kota yang diinginkan.

Dari hasil top of mind yang diperoleh dari ratusan responden tersebut, Achmad Purnomo dipilih sebagai Wali Kota Solo oleh 40,9 persen responden. Angka itu lebih tinggi dari elektabilitas Gibran Rakabuming menuju Pilkada Solo 2020.

Pilkada Solo: Gibran Blusukan, Purnomo Pilih Hadiri Undangan

Meski demikian Purnomo saat ini menjabat sebagai wakil Wali Kota Solo sejak 2016 lalu. Ini merupakan jabatan Purnomo yang kedua kalinya karena ia pernah juga menjabat pada 2013 hingga 2015.

Sementara itu, Gibran berada di posisi kedua setelah dipilih oleh 19,1 respoden sebagai calon Wali Kota Solo yang diinginkan. Kemudian nama lainnya yang juga dipilih yakni Budi Prasetyo sebesar 3,8 persen, Teguh Prakorsa sebanyak 3,4 persen, dan Sugeng Riyanto sebesar 2,0 persen.

Survei Median: Gibran Kalah Populer dari Achmad Purnomo

Selain itu, ada pula nama Ravik Karsidi, Abdul Kharim atau Gus Kharim, dan Kaesang Pangarep yang dipilih 0,1 persen responden sebagai top of mind. Sementara itu ada 30,5 persen responden yang memutuskan untuk tidak memilih.

Selain itu tingkat kepopuleran Gibran di kampung halamannya sendiri pun masih kalah dari Achmad Purnomo.

PDIP Jateng Klaim Kantongi Hasil Survei Pilkada Solo, Hasilnya...

"Pertama Achmad Purnomo Wakil Wali Kota saat ini 94,5 persen. Kedua Gibran 82,3 persen," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun saat menyampaikan paparan hasil surveinya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Kedua nama tersebut disusul oleh tiga nama lainnya seperti Teguh Prakosa yang dipilih oleh 50 persen responden, Dinar Retna Indrasari yang dipilih 41,9 persen, dan Paundrakarna Sukmaputra yang dililih oleh 40 persen responden.

Survei tersebut dilakukan dengan menggunakan sampel yang dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kecamatan dan gender. Adapun margin of error survei tersebut ialah 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya