SOLOPOS.COM - Suasana Festival Candi Kembar yang digelar di Desa Wisata Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, beberapa tahun lalu. (Dok. Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, SEMARANG — Desa Wisata Conto di Kabupaten Wonogiri bukan satu-satunya desa di Soloraya yang menyabet gelar juara dalam ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah (Jateng) 2021. Desa wisata lainnya di Soloraya yang meraih gelar juara adalah Desa Bugisan di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Dalam ajang Gelar Desa Wisata Jateng 2021 itu, Desa Bugisan meraih predikat juara ketiga dalam Kategori Pengelolaan Desa Wisata. Sementara juara satu dalam kategori itu diraih Desa Cikakak Banyumas, dan Desa Pandansari Kabupaten Batang sebagai juara kedua.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, mengatakan ajang Gelar Desa Wisata merupakan rangkaian proses untuk memberikan apresiasi kepada desa wisata. Selain itu, ajang ini juga menjadi bentuk penahapan Pemprov Jateng atas upaya pelaku desa wisata dalam memajukan desanya.

Baca juga: Keren! Desa Conto Wonogiri Raih Peringkat 2 Desa Wisata Terbaik Jateng

“Hari ini meski belum membaik (pandemi) tapi upaya itu terus terjaga,” kata Sinoeng di sela penganugerahan Gelar Desa Wisata Provinsi Jateng di Kabupaten Kebumen, Rabu (27/10/2021).
lokasi acara.

Dalam kesempatan itu, Sinoeng juga memberikan apresiasi kepada pelaku desa wisata yang telah berkolaborasi dengan komunitas kreatif anak muda dalam mempromosikan desanya melalui berbagai paket wisata.

Dalam ajang Gelar Desa Wisata Jateng 2021 itu, predikat juara umum diraih Desa Cikakak di Banyumas. Sedangkan predikat juara umum kedua direbut Desa Conto di Wonogiri, dan Desa Serang di Purbalingga meraih juara umum ketiga.

Dikutip dari laman Internet resmi Pemkab Klaten, Desa Wisata Bugisan merupakan desa yang terletak dekat dengan objek wisata Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Desa ini memiliki berbagai potensi atau daya tarik wisata yang menarik bagi wisatawan.

Baca juga: Selamat! Desa Ini Didapuk Jadi Desa Wisata Terbaik di Jateng

Desa Bugisan dirintis sebagai desa wisata sejak tahun 2015. Di desa ini, wisatawan akan disajikan berbagai paket wisata seperti Paket Wisata Gerobak Sapi. Dengan paket wisata itu, pengunjung atau wisatawan yang hadir akan diajak berkeliling desa dengan menggunakan gerobak yang ditarik sapi.

Selain itu, wisatawan juga akan diajak melihat produksi jamu dan emping, bermain karawitan, gejog lesung, dan lain-lain. Desa ini juga menyediakan homestay bagi wisatawan yang berkunjung. Selama di Desa Wisata Bugisan, pengunjung juga bisa menikmati sajian aneka kuliner dari UMKM setempat melalui Paseban Candi Kembar. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati Taman Lampion, car free day, dan berbagai festival.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya