Selain Covid-19, Ketahui 5 Penyebab Kehilangan Indera Penciuman

Ya, bukan hanya menjadi gejala Covid-19, kehilangan indera penciuman juga bisa jadi dipicu penyebab lainnya.
Selain Covid-19, Ketahui 5 Penyebab Kehilangan Indera Penciuman
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kehilangan indera penciuman. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kehilangan indera penciuman bukan hanya merupakan gejala Covid-19, melainkan bisa jadi ada penyebab lainnya. Jadi jika Anda mengalami tanda-tanda ini, jangan buru-buru panik.

Ya, bukan hanya menjadi gejala Covid-19, kehilangan indera penciuman juga bisa jadi dipicu penyebab lainnya.  Ada berbagai gangguan kesehatan lainnya yang menyebabkan kondisi tersebut. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Dikutip dari halodoc, Senin (29/11/2021), simak berbagai penyebab kehilangan indera penciuman dan perasa  agar kamu bisa melakukan penanganan yang tepat!

1. Polip Hidung

Polip hidung menjadi salah satu penyebab kehilangan indera penciuman dan perasa. Hal ini disebabkan munculnya jaringan di dalam hidung yang menghambat aliran udara dan menurunkan kemampuan penciuman. Polip hidung terjadi ketika selaput lendir atau membran mukosa dari saluran pernapasan dan sinus mengalami peradangan.

Baca Juga:  Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

2. Alergi

Ketika sistem imun tubuh mendeteksi adanya paparan alergen dalam tubuh, kondisi ini membuat tubuh memproduksi antibodi yang dikenal sebagai Immunoglobulin E (IgE). Antibodi ini menyebabkan munculnya histamin yang memicu gejala alergi, seperti hidung tersumbat, batuk, dan mata berair serta gatal.

Menurut Stanley Schwartz, MD, Ph.D, seorang kepala divisi Allergy Immunology Rheumatology di University at Buffalo Jacobs School, saraf yang menyalurkan indra penciuman ke otak terdapat dalam hidung, maka, saat hidung mengalami gangguan, kondisi saraf bisa terganggu dan menyebabkan penurunan indra penciuman.

Baca Juga: Varian Omicron Tidak Picu Gejala Kehilangan Indera Penciuman

3. Infeksi

Paparan infeksi bakteri dan virus menjadi salah satu penyebab indra penciuman dan perasa hilang. Kondisi ini dapat membaik dengan cepat ketika kamu mengatasi infeksi dengan tepat.

4. Mengonsumsi Makanan yang Terlalu Panas

Sebaiknya pastikan suhu makanan yang akan kamu konsumsi. Mengonsumsi makanan terlalu panas dapat menyebabkan lidah iritasi. Hal ini menyebabkan lokal trauma pada bagian lidah yang terpapar suhu panas.

Baca Juga: Indonesia Tidak Berpartisipasi di Miss Universe 2021, Ini Alasannya

Menurut Rachel Kaye, MD, asisten profesor dan kepala Laryngology Voice, Airways, and Swallowing Disorder di Rutgers University, kondisi ini terjadi untuk sementara hingga iritasi dapat diatasi dengan baik.

5. Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 menjadi salah satu penyebab indra penciuman dan perasa hilang. Vitamin B12 memiliki peran yang cukup penting dalam fungsi sistem saraf. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penurunan fungsi indra penciuman.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago