SOLOPOS.COM - Situasi di sekitar Waduk Lalung di Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Kamis (7/7/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR—Selain membangun Waduk Jlantah di Desa Tlobo, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo juga melakukan pekerjaan lain di Karanganyar.

Pekerjaan tersebut adalah rehab Waduk Lalung dan Waduk Delingan yang keduanya berlokasi di wilayah Kecamatan Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kegiatan kami di Karanganyar di antaranya adalah pembangunan Waduk Jlantah yang saat ini berproses 43%. Kemudian ada rehab Waduk Lalung dan Waduk Delingan,” ujar Kepala BBWS Bengawan Solo, Maryadi Utama di sela-sela silaturahmi dengan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Rabu (6/7/2022) di Kantor Setda Karanganyar.

Namun, Maryadi tidak merinci lebih jauh mengenai pekerjaan rehab di Waduk Lalung dan Waduk Delingan tersebut.

Sementara itu, waduk lain di Karanganyar yang dikerjakan BBWS Bengawan Solo adalah Waduk Gondang di Desa Ganten, Kecamatan Kerjo.

Baca Juga: Pembangunan Waduk Jlantah, 100-an Hektare Lahan Menunggu Dibebaskan

Menurut dia, pembangunannya sudah selesai dan sudah dimanfaatkan airnya.

“Waduk Gondang selesai, tapi masih dalam masa pemeliharaan dan sudah dimanfaatkan irigasinya dan air bakunya,” imbuh Maryadi.

Pada sisi lain, jika Waduk Jlantah sudah selesai pembangunannya, maka dari empat waduk yang ada di Kabupaten Karanganyar ini akan menampung sekitar 28 juta meter kubik.

Berdasarkan paparan BBWS Bengawan Solo kepada Bupati, kapasitas tampungan Waduk Delingan 4,2 juta meter kubik, Waduk Lalung 4,21 juta meter kubik, Waduk Gondang 9,15 juta meter kubik, dan Waduk Jlantah paling besar yakni 10,97 juta meter kubik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya