SOLOPOS.COM - Ilustrasi kembali ke sekolah. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Jumlah sekolah dan siswa yang mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM tahap kedua jenjang SMP di Sukoharjo mulai 26 April dipastikan ditambah.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo telah menyiapkan sejumlah sekolah negeri untuk mengikuti uji coba PTM tahap II. Dua sekolah itu yakni SMPN 2 Sukoharjo dan SMPN 3 Sukoharjo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pernyataan ini disampaikan Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno, saat berbincang dengan Solopos.com di Kantor Bupati Sukoharjo, Selasa (30/3/2021). Darno memastikan infrastruktur protokol kesehatan empat sekolah yang mengikuti uji coba PTM tahap I cukup memadai.

Baca Juga: Gibran Datangi Gudang Berbau Busuk di Jl Sumpah Pemuda Solo, Ternyata Ini Isinya

Para guru dan karyawan sekolah juga telah divaksin Covid-19 di fasilitas kesehatan (faskes). Keempat sekolah yang mengikuti uji coba PTM tahap I yakni SMAN 1 Sukoharjo, SMKN 1 Sukoharjo, MAN 1 Sukoharjo, dan SMP Negeri 1 Sukoharjo. “Secara umum, tidak ada masalah terkait persiapan uji coba PTM tahap pertama di empat sekolah,” katanya, Selasa.

Mantan Kepala SMAN 1 Sukoharjo ini mengungkapkan tidak ada jam istirahat atau jeda saat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas selama uji coba PTM. Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo bakal memantau dan mengawasi secara ketat proses KBM itu.

Evaluasi PTM SMP

Setiap sekolah juga harus mengirim laporan pelaksanaan uji coba PTM kepada Pemprov Jawa Tengah. Pelaksanaan uji coba PTM tahap I mulai 5 April-16 April. Kemudian, evaluasi pada 19 April-23 April.

Baca Juga: 36 Pasien Positif Covid-19 Klaten Sembuh, Kasus Kematian Tambah 3

Selanjutnya, uji coba PTM tahap kedua Sukoharjo mulai 26 April-7 Mei dengan penambahan jumlah sekolah khususnya jenjang SMP. “Kami prioritaskan sekolah negeri di wilayah perkotaan seperti SMPN 2 Sukoharjo dan SMPN 3 Sukoharjo untuk uji coba PTM tahap II. Untuk jenjang SMA dan sederajat wewenang Pemprov Jawa Tengah,” ujarnya.

Selain jumlah sekolah, penambahan juga terjadi pada jumlah siswa saat pelaksanaan uji coba PTM tahap II. Jumlah siswa setiap kelas saat uji coba PTM tahap I maksimal 16 orang. Sedangkan pada tahap II rencananya tambah jadi lebih dari 20 orang setiap kelas.

Darno menyebut setiap sekolah jenjang SMP maupun SMA di Sukoharjo wajib meminta persetujuan orang tua/wali murid sebelum uji coba PTM. Hal ini menjadi salah satu syarat pelaksanaan uji coba PTM di sekolah.

Baca Juga: Beredar Video Maling Motor Dicabuti Kumisnya Di Baturetno Wonogiri, Ini Penjelasan Polisi

Mayoritas Orang Tua Setuju

“Sebagian besar orang tua/wali murid setuju dan mendukung uji coba PTM di sekolah. Para siswa merasa bosan dan jenuh lantaran terlalu lama belajar di rumah sejak munculnya pandemi Covid-19 pada Maret 2020,” paparnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMPN 1 Sukoharjo, Suratman, mengatakan telah memenuhi syarat pelaksanaan uji coba PTM. Misalnya, infrastruktur protokol kesehatan, pemberian vaksin tenaga pengajar dan persetujuan orang tua/wali murid.

SMPN 1 Sukoharjo siap menggelar KBM di kelas dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Suratman terus berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo selama pelaksanaan uji coba PTM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya