SOLOPOS.COM - Peserta didik baru SMPN 2 Wonogiri menyaksikan pertunjukan kesenian jaranan saat MPLS di halaman sekolah, Selasa (12/7/2022). (Solopos.com/M Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Sekolah di Wonogiri kembali menerapkan delapan jam pelajaran dalam sehari dan pembelajaran tatap muka 100 persen mulai Senin (11/7/2022).

Pantauan Solopos.com di beberapa SMP di Wonogiri, Selasa (12/7), tampak para siswa sudah memenuhi ruang-ruang kelas dengan tetap memakai masker. Mereka masuk mulai pukul 07.00 WIB-14.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kantin sekolah pun sudah diperkenankan dibuka. Saat jam istirahat, para siswa segera memadati kantin.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri, Gino, mengatakan SD dan SMP di Wonogiri sudah menerapkan PTM 100% pada tahun ajaran baru 2022/2023. Siswa menerima delapan jam pelajaran seperti sebelum pandemi.

“Kami akan pantau terus, ini masih dalam masa percobaan selama tiga hari mulai Senin lalu. Kalau lancar, tidak ada masalah, akan kami lanjutkan. Tapi tentu tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 -19,” kata Gino saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Sambut Gembira PTM 100 Persen di Boyolali, Siswa: Selama Daring Bosen

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Wonogiri, Suparno, mengatakan seluruh SMP di Wonogiri sudah melaksanakan PTM dengan berbagai penyesuaian. Di antaranya siswa dan guru tetap menggunakan masker di lingkungan sekolah.

Kantin sekolah pun sudah kembali dibuka. Sehingga siswa bisa membeli makanan di kantin saat jam istirahat. Hal itu mengingat jam pelajaran sudah kembali normal.

“Ekstrakurikuler juga sudah kembali aktif dan bisa dilaksanakan secara luring di sekolah. Siswa bisa mengikuti kegiatan sesuai minat dan bakatnya,” ujar Suparno yang juga Kepala Sekolah SMPN 6 Wonogiri.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 2 Wonogiri, Mamik Tri Hastuti, menuturkan kegiatan belajar mengajar sudah dilaksanakan secara luring. Termasuk peserta didik baru yang sedang menjalankan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Baca Juga: Hari Pertama Sekolah, PTM SMP di Wonogiri 100 Persen 

“Khusus kelas VII yang masih MPLS, jam pulang sekolah hanya sampai pukul 12.00 WIB. Sementara kelas VII dan IX pulang pukul 02.00 WIB,” kata Mamik.

Siswa baru menjalankan MPLS selama tiga hari mulai Senin-Rabu (11-13/7). Mereka menerima berbagai materi seperti wawasan wiyata mandala, pendidikan karakter, cara belajar efektif, dan pengenalan budaya.

Hal senada disampaikan Kepala Sekolah SMPN 3 Wonogiri, Nur Tjahjo. Selama tiga hari pertama siswa baru melaksanakan MPLS. Sementara kelas VII dan IX langsung menerima pembelajaran mata pelajaran.

Pada hari terakhir siswa baru akan diberi ruang untuk menunjukan bakat kepada warga sekolah lain. Hal itu sekaligus untuk mengetahui potensi masing-masing siswa.

“Terlebih, kelas VII mulai tahun ajaran baru ini sudah menerapkan kurikulum baru, yaitu kurikulum Mandiri Berubah,” ujar dia.Pemp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya