SOLOPOS.COM - Maskot ASEAN Para Games (APG) XI 2022 menyapa saat mengikuti kirab melintasi area Solo Car Free Day (CFD), Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (3/7/2022). Kirab yang dilakukan dari ruas Loji Gandrung hingga perempatan Ngapeman tersebut untuk mengenalkan maskot dan logo APG XI 2022 kepada masyarakat. APG XI 2022 yang akan diselenggarakan mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 diselenggarakan di Solo dan diikuti 11 negara Asia Tenggara. (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Sekjen ASEAN Para Sport Federation (APSF), Wandee Tosuwan, mengaku kagum dengan antusias warga Solo dalam menyambut gelaran ASEAN Para Games (APG) ke-11 yang akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang. Berbagai acara terus dilakukan oleh INASPOC untuk ASEAN Para Games 2022 salah satunya pada ajang Car Free Day di Jl. Slamet Riyadi Solo, Minggu (3/7/2022).

Tingginya animo masyarakat Kota Solo dalam sosialisasi ini membuat Sekretaris Jenderal APSF, Wandee Tosuwan, mengaku terkejut sekaligus kagum. Dia sangat tidak menyangka melihat antusias warga Solo untuk datang ke sosialisasi ini. Hal itu merupakan dukungan mereka bagi APG yang merupakan ajang untuk mempersatukan dan mempererat kekerabatan bagi negara-negara Asia Tenggara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya tidak menyangka dengan antusias warga Solo dalam menyambut gelaran ini,” kata dia.

Dalam acara itu turut dihadiri Presiden ASEAN Para Sport Federation (APSF), Osoth Bhavilai, beserta para direktur INASPOC dan APSF.

Selain mengadakan hitung mundur menuju APG 2022, serangkaian acara juga dilakukan dalam sosialisasi seperti memperkenalkan maskot APG 2022, Rajamala, dan memperkenalkan sejumlah atlet Indonesia kepada masyarakat.

Baca Juga: Venue Tenis Meja ASEAN Para Games 2022 Akhirnya di Solo Techno Park

Antusiasme tinggi terlihat dalam acara tersebut, masyarakat berbondong-bondong dan bergantian berfoto bersama Rajamala serta atlet disabilitas Indonesia. Gibran menjelaskan pemilihan Rajamala sebagai maskot APG karena merupakan salah satu simbol dari kota Solo yang juga ikon budaya kota Solo yang menolak bala.   

Gibran juga memberi apresiasi melihat antusias tinggi masyakarat yang hadir mendukung acara ini.

“Saya kagum dan bangga melihat tingginya dukungan masyakarat Solo dalam acara ini. Saya berharap warga Solo dan sekitarnya bisa hadir menyaksikan upacara pembukaan, pertandingan dan penutupan ASEAN Para Games 2022 secara gratis,” ucap Gibran.

Baca Juga: Sejumlah Pemain Persis Solo Fokus Adaptasi Menjelang Liga 1 2022/2023

Sementara itu Wasekjen NPC, Rima Ferdianto, mengatakan sosialisasi ini sangat penting demi suksesnya APG 2022 serta memberi dukungan bagi atlet Indonesia yang akan berlaga nanti.

“Acara hari ini merupakan bagian dari publikasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Solo bahwa di kota mereka ini akan mengadakan event besar ASEAN Para Games. Saya berharap masyarakat juga bisa turut mensukseskan event ini. Acara ini juga merupakan bukti dukungan bagi atlet Indonesia yang akan berlaga nanti,” kata Rima.

Serangkain acara akan terus dilakukan menjelang bergulirnya APG 2022. Selanjutnya, akan diadakan torch relay atau kirab obor APG 2022 yang akan diadakan pada 16 dan 17 Juli dari Mrapen dengan melintasi Semarang, Sukoharjo, Karanganyar dan Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya