SOLOPOS.COM - Suasana rumah duka mantan Wali Kota Solo Imam Soetopo yang meninggal dunia pada Senin (11/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, memastikan upacara penghormatan terakhir ala militer jenazah mantan Wali Kota Solo, Imam Soetopo, yang meninggal dunia pada Senin (11/7/2022) akan dilaksanakan di Balai Kota Solo, Selasa (12/7/2022) pukul 09.30 WIB.

“Penghormatan ada di Balai Kota Solo saja. Balai Kota untuk bersemayam [persemayaman] sebentar,” tutur Ahyani saat dihubungi Solopos.com, Senin (11/7/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Persemayaman dan penghormatan terakhir di Balai Kota Solo dimaksudkan agar para pejabat, rekan kerja semasa Imam Soetopo menjabat, serta warga Solo bisa menyaksikan dan hadir mendoakan jenazah. “Ada yang mendoakan, ada penghormatan. Ya itu hanya untuk pejabat, warga yang ingin mendoakan, baru kemudian dibawa ke permakaman,” jelasnya.

Mantan Wali Kota Solo periode 1995-2000, Imam Soetopo, meninggal dunia pada Senin (11/7/2022) pukul 09.28 WIB karena sakit. Purnawirawan TNI berpangkat Kolonel itu meninggal di usia 81 tahun.

Rencananya jenazah akan dimakamkan di Astana Oetara Nayu, Nusukan, Banjarsari, Solo, Selasa (12/7/2022), seusai upacara penghormatan terakhir di Balai Kota. Eks Wali Kota Solo tersebut sakit sejak setahun terakhir.

Baca Juga: Kabar Duka! Mantan Wali Kota Solo Imam Soetopo Meninggal Dunia

Imam harus bolak-balik ke rumah sakit, terutama setelah jatuh yang membuat bagian pinggul ke bawah terluka. Saat ditanya apa saja persiapan penghormatan terakhir di Balai Kota Solo, Ahyani mengatakan tak ada persiapan. “Persiapan ya biasa saja karena pemakaman kan di Astana Oetara ya,” tuturnya.

Sebelumnya, anak ketiga Imam Soetopo, Mustika Kusumaningtyas, kepada wartawan di rumah duka, Senin, mengatakan jenazah disemayamkan dulu di rumah duka karena masih menunggu anggota keluarga lain dari luar kota.

Mustika menceritakan kondisi ayahnya memburuk sekitar tiga pekan lalu yang membuatnya harus dirawat di ICU. Sejak itu, eks Wali Kota Solo belum pernah pulang ke rumahnya hingga meninggal dunia pada Senin.

Baca Juga: Eks Wali Kota Solo Imam Soetopo Meninggal, Begini Riwayat Sakitnya

“Kami bawa terakhir ke RS bulan lalu, sempat pulang ke rumah, lalu tiga pekan lalu kembali ke ICU, pindah ke kamar, belum sempat pulang. Empat hari di ICU lagi sebelum meninggal hari ini,” papar Mustika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya