top ear
Pejabat di lingkungan Pemkab Grobogan menjalani uji swab di depan Kantor Wakil Bupati Grobogan, Rabu (15/7/2020). Kegiatan ini tindak lanjut dari Sekda Grobogan yang dinyatakan positif Covid-19. (Solopos.com-Arif Fajar Setiadi)
  • SOLOPOS.COM
    Pejabat di lingkungan Pemkab Grobogan menjalani uji swab di depan Kantor Wakil Bupati Grobogan, Rabu (15/7/2020). Kegiatan ini tindak lanjut dari Sekda Grobogan yang dinyatakan positif Covid-19. (Solopos.com-Arif Fajar Setiadi)

Sekda Positif Covid-19, Pejabat Pemkab Grobogan Jalani Uji Swab

Selain uji swab, kepala OPD, Kabag, Kasubag Pemkab Grtobogan, dan mereka yang berinteraksi langsung dengan Sekda harus menjalani isolasi mandiri.
Diterbitkan Rabu, 15/07/2020 - 16:29 WIB
oleh Solopos.com/Arif Fajar Setiadi
2 menit baca

Solopos.com, PURWODADI – Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan pejabat di lingkungan Setda Grobogan, serentak jalani uji swab, Rabu (15/7/2020). Hal ini sebagai langkah antisipasi menyusul Sekda Grobogan yang terkonfirmasi positif terjangkit virus corona jenis baru atau Covid-19.

“Ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari Sekda Grobogan [Moh Sumarsono] yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Kita harus gerak cepat, karena Sekda berinteraksi dengan Kepala OPD, memimpin rapat, termasuk rapat dengan anggota DPRD Grobogan,” ujar Bupati Grobogan, Sri Sumarni, didampingi Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Grobogan, Endang Sulistyoningsih, Rabu.

Menurut Sri Sumarni, begitu hasil uji swab dari Sekda Grobogan terkonfirmasi positif terjangkit Covid-19, langsung gerak cepat. Pihaknya meminta Gugus Tugas, BPBD, dan Dinas Kesehatan Grobogan untuk melaksnakan uji swab kepada seluruh Kepala OPD.

Polisi Duga Artis FTV Hana Hanifah Sudah Setahun Terlibat Prostitusi

“Termasuk mereka [staf Setda Grobogan] yang sempat berinteraksi langsung dalam beberapa hari terakhir dengan Sekda, kita minta lakukan uji swab,” kata Bupati Grobogan.

Selain uji swab, kepala OPD, Kabag, Kasubag, dan mereka yang berinteraksi langsung dengan Sekda juga harus menjalani isolasi mandiri. Tentu ini dikhawatirkan akan mengganggu kinerja Pemkab Grobogan selama pejabatnya isolasi mandiri selama tiga hari.

“Tetap berjalan seperti biasa, hanya saja untuk kerjanya pakai perpesanan WhatsAPP, video call, atau secara online. Termasuk koordinasi melalui grup WA. Untuk urusan adminsitrasi yang tidak terlalu mendesak bisa dipending,” ujar Bupati Grobogan.

Eks Pelatih Timnas Indonesia Rahmad Darmawan Jadi Kader Demokrat

 

Swab Anggota DPRD

Kepala Dinas Kesehatan Grobogan, Slamet Widodo,  menjelaskan kegiatan uji swab dan rapid test tersebut terkait dengan Sekda Grobogan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pesertanya Kepala OPD, Kabag, Kasubag, serta ASN di lingkungan Setda.

“Untuk Kepala OPD, Kabag, Kasubag serta yang berinteraksi langsung dengan pak Sekda menjalani  uji swab. Sedang ASN di lingkungan Setda Grobogan menjalani rapid test. Apabila reaktif langsung kita swab hari ini,” terang Slamet.

Kegiatan tersebut, menurut Slamet, dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama khusus Kepala OPD, Kabag, Kasubag, dan ASN di Setda Grobogan. Hari kedua akan dilaksanakan di lingkungan DPRD Grobogan. Hal ini karena Sekda Grobogan sempat rapat dengan anggota DPRD pada Senin (13/7/2020).

PSIS Semarang Sebut Protokol Covid-19 Merepotkan

“Hari ini kita siapkan uji swab untuk 75 orang. Kemudian besok, termasuk uji swab anggota DPRD kita kirim ke laboratorium kesehatan rujukan. Hasilnya baru bisa diketahui 3 hari berikutnya. Selama menunggu hasil uji swab, diminta menjalani isolasi mandiri,” imbuh Slamet.


Editor : Profile Haryono Wahyudiyanto
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini