SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Harianjogja.com, JOGJA—Seperti tahun-tahun sebelumnya, tarif parkir Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) selalu lebih mahal dibanding tarif parkir biasanya.

Namun demikian Forum Komunikasi Kawasan Alun-alun Utara (FKKAU) menyepakati penyeragaman tarif parkir agar seragam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu anggota FKKAU Doni Setiawan mengatakan, parkir sepeda motor ditarik Rp3.000 dan mobil Rp5.000. Parkir ini sudah disepakati bersama para juru parkir di kawasan PMPS.

“Ini sudah disesuaikan dan disepakati bersama. Kami berharap masyarakat tidak keberatan dengan tarif parkir ini. Terlebih tarif ini memang tidak membatasi orang untuk parkir berapa jam,” kata Doni di Alun-alun Utara, Rabu (3/12/2014).

Doni menambahkan. pada tahun-tahun sebelumnya pernah ada aturan main tarif parkir PMPS dibatasi jam. Misalkan dua jam pertama untuk sepeda motor dikenai Rp2.000 dan mobil Rp3.000. Setelah itu per jam dikenakan Rp1.000 untuk motor dan mobil.

“Padahal rata-rata pengunjung ke Sekaten itu dua jam lebih. Sehingga saat ini parkir diseragamkan saja. Maksudnya agar tidak ada lagi yang komplain dan berpikir parkir Sekaten mahal karena lama bermain-main,” jelas Doni.

Pengelolaan parkir PMPS ini dibagi dalam 19 komunitas. Masing-masing memiliki juru parkir antara dua hingga empat orang.

Dengan mengambil seperempat dari luasan Alun-alun Utara, daya tampung kendaraan bisa mencapai sekitar 800 sepeda motor. Sedangkan untuk parkir mobil tetap disediakan meskipun tidak terlalu luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya