SOLOPOS.COM - Wahana Sekaten Mulai Buka (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Sekaten Jogja untuk parkir banyak dikeluhkan.

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Jogja akan mengusulkan sebagian lahan Alun-alun Utara (Altar) dapat digunakan untuk parkir kendaraan roda dua setiap perayaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS). Upaya ini terkait banyaknya keluhan masyarakat saat PMPS, beberapa waktu lalu, karena disepanjang jalan sekitar Altar digunakan parkir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Terus terang parkir sekaten tahun lalu menjadi sorotan karena menghalangi jalan,” kata Kepala Disperindagkoptan Kota Jogja, Suyana, dihubungi Minggu (10/1/2016).

Pasar Malam Perayaan Sekaten, tahun lalu berlangsung sejak 4-24 Desember. Gelaran pasar malam menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad tersebut terjadi kesemrawutan terutama parkir kendaraan yang tidak tertata. Kendaraan pengunjung diparkir di sepanjang badan jalan sehingga arus lalu lintas tersendat.

Suyana mengaku pihak penyelenggaran PMPS tidak bisa berbuat banyak terkait penataan parkir karena memang semua kendaraan sudah tidak diperbolehkan untuk memanfaatkan area Altar untuk lokasi parkir. Hal tersebut untuk menjaga agar saluran drainase di altar tidak rusak. Selain itu juga untuk menjaga keindahan depan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sementara lahan parkir yang disediakan di timur Altar, yakni bangunan pekapalan tidak cukup untuk menampung kendaraan pengungjun PMPS.

Karena itu, pihaknya akan mengirimkan surat permohonan pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY dan pihak Kraton agar diperbolehkan memanfaatkan sebagian area Altar selama masa PMPS khusus untuk parkir kendaraan roda dua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya