SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sekaten Jogja di stan Gondomanan menyediakan berbagai produk UMKM seperti payung hias

Harianjogja.com, JOGJA- Kecamatan Gondomanan hadirkan inovasi produk berupa payung hias. (Baca juga : SEKATEN JOGJA : Batik Lawasan Jadi Favorit Pengunjung di Stan Mantrijeron)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Stan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kecamatan Gondomanan, Jogja di Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2015 bawa kerajinan payung hias dalam pamerannya kali ini.

“Tahun lalu belum ada, tahun ini dibawa sebagai ganti surjan dan blankon,” jelas Sumiyati, salah satu anggota forum UMKM yang sedang menjaga stan di Alun-Alun Utara (altar), Jogja, Kamis (10/12/2015).

Tahun lalu produk yang paling laku di stan ini memang surjan dan blangkon namun tahun ini diganti dengan payung hias agar lebih menarik minat pengunjung.

Selain payung hias, ada pula berbagai kerajinan batik mulai dari kaos hingga tas kosmetik, tas dari karung goni, batu akik, dan berbagai jajanan. Untuk tahun ini, produk yang paling digemari pengunjung adalah tas kosmetik bermotif batik dan tas selempang.

Untuk tas selempang, pengunjung lebih berminat pada tas dengan motif polkadot ataupun bergambar gedung-gedung Eropa. Hingga nyaris sepekan pelaksanaan PMPS, tas tersebut sudah mencapai omzet hingga Rp400.000.

“Biasanya yang beli tas itu remaja putri,” jelas Sumiyati yang juga pengrajin tas kosmetik bermotof batik ini. Tas-tas ini dijual dengan harga berkisar Rp40.000-Rp50.000 per buah.

UMKM Gondomanan sendiri terdiri dari 30 pelaku UMKM yang berdiam di kawasan tersebut. Tak hanya produk kerajinan, forum ini juga menghasilkan berbagai makanan antara lain peyek, bawang goreng, keripik, dan yogurt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya