SOLOPOS.COM - Jajanan Endog Abang (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Sekaten Jogja akan dimeriahkan dengan pasar malam yang akan dibuka pada Jumat (4/12/2015)

Harianjogja.com, JOGJA- Pembukaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) mengangkat tema sego gurih.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PMPS akan dibuka Jumat (4/12/2015) di lapangan alun-alun utara (altar) pukul 16.00 WIB. Acara yang sedianya akan dihadiri oleh Sultan HBX beserta GKR Hemas ini akan dibuka dengan memukul kenong Japan.

“Nanti ada sambutan dari walikota,” ujar Mugi Suyatno, Kepala Penatalaksanaan Protokol Pemerintah Kota Jogja saat dihubungi Harian Jogja pada Kamis (3/12/2015/2015).

Selain itu, acara juga akan diramaikan dengan penampilan pelajar SMK 1 Kasihan, Bantul yang menarikan tarian berjudul Tampah Sego Gurih. Adapun pemilihan tarian ini berdasarkan perubahan kondisi yang saat ini terjadi di altar.

“Ini berangkat dari para pedagang sego gurih di sekitar altar yang sekarang sudah diatur agar lebih tertata,” ujar Mugi.

Selain itu, sego gurih sendiri merupakan salah satu kuliner khas Sekaten.

Berbagai jajaran SKPD dan para mantan walikota Kota Jogja akan diundang dalam acara pembukaan PMPS yang akan berlangsung selama 21 hari ini.

Mugi juga menguraikan jika pihaknya sudah mengantisipasi kemungkinan turunnya hujan selama pembukaan PMPS berlangsung. “Sadar sekarang sudah musim hujan maka kami juga berikhtiar,” jelas Mugi.

Meski dibuka pukul 16.00 WIB, masyarakat umum baru akan diperkenankan untuk memasuki area PMPS pukul 17.30 WIB. Dengan pembukaan ini maka PMPS akan resmi dibuka hingga tanggal 24 Desember mendatang.

Pelaksanaan PMPS kali ini dititikberatkan pada unsur budaya dan agama yang menjadi identitas perayaan Sekaten itu sendiri. Mugi juga menguraikan jika pelaksanaan prosesi Sekaten akan tetap berada di bawah koordinasi pihak Kraton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya