SOLOPOS.COM - Salah satu pengunjung sedang mencoba alat peraga kinect dari Taman Pintar di anjungan pemerintah Kota Jogja, Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2015 di Alun-Alun Utara, Jogja pada Kamis (10/12/2015). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Sekaten Jogja menampilkan permainan anak di stan Taman Pintar

Harianjogja.com, JOGJA- Taman Pintar bawa 3 alat peraga baru untuk anak-anak pengunjung Sekaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Taman Pintar membuka stan di anjungan pemerintah Kota Jogja dalam gelaran Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2015. Stan ini berisi 3 alat peraga yang bertujuan mengedukasi dan menghibur anak-anak sebagai target pengunjung Taman Pintar.  (Baca juga : SEKATEN JOGJA : Batik Lawasan Jadi Favorit Pengunjung di Stan Mantrijeron)

“Kami membawa 3 alat peraga baru yang memang khusus untuk even seperti ini, “ujar Anggi Fanani, pemandu Taman Pintar yang sedang berjaga di stan, Alun-Alun Utara (altar), Jogja, pada Kamis (10/12/2015).

Berbagai alat peraga ini dibawa sebagaimana dengan motto dari Taman Pintar yakni Mencerdaskan dan Menyenangkan. Khusus di stan ini, Taman Pintar mengedepankan slogan Sainsku, Masa Depanku sebagaimana terpampang di bagian atas stannya.

Peraga baru tersebut antara lain kinect, simulator tornado, dan harpa tak berdawai. Kinect merupakan alat peraga berupa layar dengan sensor gerak dari penggunanya.

Alat ini berfungsi sebagai game dan alat olahraga, di mana pengguna harus bergerak sesuai dengan petualangan si karakter yang ada di dalam layar. Sedangkan harpa tak berdawai merupakan alat peraga berupa harpa dengan senar-senar cahaya yang tetap akan menghasilkan bunyi jika dipetik.

Menariknya, senar-senar cahaya ini tak tampak dengan mata telanjang. Di sisi harpa ini juga diberikan tulisan tentang penjelasan sistem kerja alat ini.

Taman Pintar juga membawa simulator tornado berupa tabung tinggi berwarna hitam. Dengan alat ini, anak-anak akan diberikan pengetahuan akan perbedaan suhu sebagai penyebab tornado.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya