Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Sejumlah Plafon Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo Jebol, Perbaikan Dianggarkan 2023

Sejumlah atap plafon di Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo jebol. Sementara pemerintah menganggarkan perbaikan pada 2023.
SHARE
Sejumlah Plafon Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo Jebol, Perbaikan Dianggarkan 2023
SOLOPOS.COM - Plafon jebol di Pasar Ir.Soekarno, Selasa (6/12/2022).(Solopos.com/Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disdagkop) Kabupaten Sukoharjo tengah melakukan pemetaan kebocoran atap dan plafon jebol di Pasar Ir.Soekarno untuk penyusunan rancangan anggaran biaya (RAB) 2023.

“Saya sudah memerintahkan Kabid [kepala bidang] Pasar dan tim untuk cek kerusakan tersebut, untuk dilakukan pemetaan kerusakan dan penyusunan RAB perbaikannya,” kata Kepala Disdagkop Sukoharjo, Iwan Setiyono saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon, Kamis (8/12/2022).

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Berdasarkan pantauan Solopos.com, sejumlah titik plafon jebol terlihat di lantai dua pasar Ir.Soekarno. Kerusakan tersebut terjadi di beberapa titik di koridor kios yang menjual pakaian.

“Sudah kami usulkan untuk perbaikan atap dan plafon pada 2023, sebelum ambrol kami sudah mendeteksi adanya kebocoran. Jika membenahi plafon harus membenahi atasnya [atap],” lanjutnya.

Ia mengatakan, anggaran perbaikan atap bocor dan plafon jebol di beberapa titik Pasar Ir.Soekarno dilakukan pada 2023.  Mengingat, tidak memungkinkan untuk dimasukkan pada anggaran perbaikan 2022.

Baca juga: Waduh, Usaha 300 Koperasi di Sukoharjo Macet Gara-Gara Pandemi Covid-19

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

“Kebetulan sudah masuk akhir tahun, sehingga tidak bisa dialokasi pada 2022 karena kebocoran terjadi setelah selesai melakukan pengusulan anggaran 2022,” lanjutnya.

Iwan belum bisa mengatakan detail anggaran yang akan dikeluarkan pemerintah untuk memperbaiki kerusakan atap dan plafon jebol. Namun perbaikan akan dilakukan secara keseluruhan.

“Pemeliharaan item itu sudah besar, karena tidak bisa ditambal sulam. Perbaikan akan dilakukan seperti di Pasar Bekonang yang saat ini juga sudah diganti plafonnya,” imbuhnya.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Saat dikonfirmasi terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Lurah Pasar Ir.Soekarno, Widadi Nugroho mengatakan hal yang sama terkait anggaran perbaikan kerusakan atap dan plafon akan dianggarkan pada 2023.

“Masalah kerusakan, nanti 2023 akan dianggarkan untuk perbaikan, terutama atap karena bocor kena air hujan merusak plafon di beberapa tempat,” kata Widadi saat ditemui Solopos.com, Rabu (7/12/2022).

Baca juga: Minyak Goreng Curah Disetop pada 2022, Pemkab Sukoharjo Tunggu Regulasi

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 75 persen los dan kios pasar Ir.Sokarno telah ditinggalkan para pedagang. Widadi berasumsi mereka tidak mau menempati area pasar karena memperhatikan perilaku konsumen yang memilih bertransaksi di luar kawasan pasar karena akses yang lebih mudah.

““Kami sebagai pengelola yang di lapangan berusaha menyampaikan pada pedagang untuk handarbeni pasar. Jadi itu pasar mereka, untuk jual dan mencari rezeki. Kami sebagai pengelola berusaha memfasilitasi pedagang dengan perbaikan jika ditinggalkan ya sudah,” lanjut dia.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode