SOLOPOS.COM - Desain kawasan inti ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur. (ikn.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah nama dari nonpartai politik ini disebut-sebut sebagai sosok yang berpeluang menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Salah satunya, mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. Nama Bambang disebut-sebut sebagai salah satu calon Kepala Otorita IKN Nusantara dari non-partai politik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pernah mengisyaratkan sosok Kepala Otorita IKN Nusantara akan dipilih dari kalangan nonpartai politik. Pernyataan itu disampaikan pada 22 Februari 2022.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Terungkap! Luas Wilayah Ibu Kota Negara Baru 4 Kali Luas DKI Jakarta

Bambang yang dikonfirmasi seperti dilansir Antara, Sabtu (5/3/2022) menyampaikan tak ingin berandai-andai mengenai namanya yang disebut sebagai salah satu calon Kepala Otorita IKN Nusantara. “Tidak perlu berandai-andai, saya fokus di swasta saat ini,” kata Bambang di Jakarta, Sabtu.

Hingga saat ini, Bambang mengaku belum mendapat informasi secara resmi terkait peluangnya sebagai calon Kepala Otorita IKN Nusantara. Begitupun ketika disinggung mengenai apakah Istana Kepresidenan sudah menghubunginya terkait peluangnya sebagai salah satu calon Kepala Otorita IKN. “Saya belum dengar apa-apa,” ujar Bambang yang juga mantan Menteri Keuangan dan Menteri Riset dan Teknologi.

Baca Juga : Bertemu Presiden Jokowi, Tokoh Adat Kalimantan Timur Sampaikan Ini

Selain Bambang Brodjonegoro, beberapa nama lain dari berbagai kalangan juga disebut-sebut berpeluang menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara. Seperti, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan mantan Direktur Utama Wijaya Karya (Wika) Tumiyana.

Belakangan muncul nama lain, yakni mantan Wakil Menteri Perhubungan dan juga Wakil Presiden Asian Development Bank (ADB) untuk Urusan Pengelolaan Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan Bambang Susantono. Sayangnya, Bambang Susantono belum mengonfirmasi informasi tersebut.

Baca Juga : Ahok Calon Kuat Kepala Otorita Ibu Kota Negara

Dikonfirmasi secara terpisah, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Wandy Tuturoong, menyampaikan belum dapat memberikan informasi secara akurat perihal kabar kemungkinan Presiden Jokowi melantik Kepala Otorita IKN Nusantara pekan depan. “Kemungkinan sudah [dipilih] kalau minggu [depan] jadi dilantik,” kata Wandy saat ditanya apakah Presiden Jokowi sudah memilih Kepala Otorita IKN.

Menurut Undang-Undang No.3/2022 tentang IKN, Presiden menunjuk dan mengangkat Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN paling lambat dua bulan setelah UU tersebut diundangkan pada 15 Februari 2022. Itu artinya, Presiden memiliki waktu hingga 15 April 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya