SOLOPOS.COM - Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo (Puromangkunegaran.com)

Solopos.com, SOLO — Beberapa masjid di Kota Solo, Jawa Tengah telah menyiapkan kegiatan memperingati Nuzululquran pada Ramadan 2022.

Menurut ajaran Islam, Nuzululquran merupakan peristiwa turunnya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW ketika menyepi di Gua Hira. Jika dihitung berdasarkan penetapan 1 Ramadan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI maka Nuzululquran jatuh pada Selasa (19/4/2022). Namun, tak semua orang memperingati Nuzululquran persis pada 17 Ramadan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Biasanya, jemaah masjid akan memperingati Nuzululquran usai salat tarawih dan witir. Misalnya, Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo akan memperingati Nuzululquran pada Senin (25/4/2022) malam atau 23 Ramadan.

Pelaksana harian Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo, Yunus, mengatakan pemilihan tanggal peringatan tersebut sekaligus digabung dengan acara peringatan hari ulang tahun ke-88 Gerakan Pemuda (GP) Ansor Solo. “Ini karena berbarengan dengan harlah [ulang tahun] Ansor kami kemas jadi satu. Tanggal 25 April 20222 malam,” jelas Yunus saat dihubungi Solopos.com, Senin (18/4/2022) malam.

Baca Juga : Malam Nuzulul Quran Jatuh pada Hari Ini, Catat Amalan yang Dilakukan

Agenda peringatan Nuzululquran dan harlah ke-88 GP Ansor di Masjid Al Wustho Mangkunegaran adalah pengajian bersama K. H. Dian Nafi. Dian Nafi merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al Muayyad Windan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo sekaligus Ketua Rabithah Ma’hid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pengajian akan dimulai pukul 20.30 WIB dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube GP Ansor Solo dan NU Solotv.

Sementara itu, Masjid Agung Keraton Solo akan menggelar Peringatan Nuzululquran pada Selasa (26/4/2022) malam atau 24 Ramadhan. Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo, Abdul Basid Rochmad, menyampaikan agenda yang disiapkan untuk memperingati malam Nuzululquran adalah khataman Quran dan pengajian Nuzululquran 1443 H.

Baca Juga : Kapan Nuzulul Quran 2022? Ini Pengertian dan Amalan yang Dilakukan

Acara tersebut mengundang pembicara Habib Muhammad Yahya bin Baraghbah. Basid juga mengatakan jemaah Masjid Agung Keraton Solo akan menyimak bacaan Alquran yang dibacakan penghafal Alquran pada 20-24 Ramadan. Kemudian, khataman pada malam Nuzululquran.

“Ya tiap hari ada tadarus. Khusus tanggal 20-24 Ramadan menyimak para penghafal Alquran dan khataman diberengkan Nuzululquran,” jelas Basid saat dihubungi Solopos.com.

Baca Juga : Pengertian Nuzulul Quran, Dilengkapi dengan Bacaan Doanya

Selain dua masjid itu, masjid kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo juga menyelenggarakan peringatan malam Nuzululquran. Staff Takmir Masjid Nurul Huda UNS, Rizki Zailani, mengatakan peringatan Nuzulquran akan digelar Selasa (19/4/2022) malam, tepat 17 Ramadan.

Rizki mengatakan akan ada kajian spesial. “Akan ada kajian spesial bersama sambutan dari Rektor UNS dan tausiyah K. H. Ari Ansori,” jelas Rizki saat diwawancara Solopos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya