SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Sejumlah area diprediksi akan terjadi kemacetan saat mudik Lebaran.

Baca Juga: Waspadai Rute Jakarta-Semarang saat Mudik Lebaran 2022, Ini Kata Menhub

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah lokasi kemacetan itu, yakni jalur tol dari Bekasi, Jakarta ke arah Cikampek hingga Semarang.

Guna mengetahui mana yang paling efektif menekan kemacetan dengan rasio perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan (VC Ratio) yang terkecil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek langsung kegiatan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol arah Cikampek.

“Jumlah pemudik pada tahun ini meningkat sekitar 45% dibandingkan mudik 2019 sebelum pandemi. Sedangkan, dua lokasi yang perlu dilakukan antisipasi khusus adalah jalur Bekasi-Semarang dan penyeberangan Merak Bakauheni,” kata Budi, Sabtu (16/4/2022).

Menhub menyebut sektor darat menjadi yang paling krusial untuk ditangani. Sekitar 47% dari 85,5 juta orang yang diprediksi melakukan mudik akan menggunakan jalur darat, baik kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) maupun angkutan darat (bus, angkutan penyebrangan, dan lain-lain).

Sementara itu, sambung Budi, pada mudik tahun ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan tidak akan melakukan penyekatan dan putar balik serta pengendalian di lapangan dilakukan secara humanis dan persuasif.

Baca Juga: Ingin Mudik Lebaran 2022 Pakai Kendaraan Pribadi? Cek Syaratnya

“Diharapkan, perjalanan mudik dapat berlangsung dengan lancar dan penuh kegembiraan, setelah dua tahun ini masyarakat tidak melakukan mudik akibat pandemi Covid-19. Selain itu, diharapkan tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 usai masa mudik,” papar dia.

Menhub menuturkan sejumlah area yang diprediksi akan terjadi perlambatan atau kemacetan yakni di pintu masuk tol, rest area, pom bensin, dan tempat-tempat lainnya. Sedangkan, tambah dia, sejumlah lokasi yang diprediksi terjadi kepadatan yaitu Jalur tol Tangerang-Merak Km 26, Jalur Tol arah Cikampek Km 48-60, KM 31-37, Km 70-72, dan untuk arus balik di Km 54.

“Beberapa hari ini akan dilakukan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas, yang nantinya bisa menjadi rekomendasi yang terukur dalam pengambilan keputusan,” imbuhnya.

Baca Juga: Buruan Daftar! Jateng Siapkan 118 Bus untuk Mudik Lebaran Gratis

Budi menambahkan diskresi rekayasa lalu lintas di lapangan akan ditetapkan oleh Korlantas Polri. Adapun, Menhub menyebut sejumlah rekayasa lalu lintas yang akan disiapkan di antaranya yaitu Contra flow, One Way dan Ganjil Genap. Namun begitu, Kementerian Perhubungan dan pihak terkait saat ini masih mendiskusikan kapan dimulainya rekayasa lalu lintas mudik Lebaran 2022 tersebut. Adapun hasil dari simulasi ini akan segera dilaporkan dan direkomendasikan kepada Presiden.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Mudik Lebaran 2022: Ini Sejumlah Area yang Diprediksi Bakal Macet Parah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya