SOLOPOS.COM - Gang jalan menuju Kampung Bangunsari, Sragen, ditutup warga supaya tidak dipadati lalu lintas selama PPKM darurat, Minggu (4/7/2021). (Solopos/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Sejumlah jalan atau gang masuk kampung di Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, ditutup oleh warga. Hal itu menyusul banyaknya kendaraan yang melintasi gang jalan setelah Jl Raya Sukowati menuju Sragen kota ditutup.

Sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dimulai sejak Sabtu (3/7/2021), sejumlah jalan protokol menuju pusat kota Sragen ditutup aparat Polres Sragen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendaraan yang melaju dari arah Solo dialihkan menuju ring road utara melalui simpang tiga Beloran. Sementara kendaraan yang melaju dari arah Ngawi dialihkan menuju ring road selatan melalui melalui simpang empat terminal lama.

Baca Juga: Berbeda dengan Solo, Sragen Tak Akan Tutup Pasar Tradisional Saat PPKM Darurat

Penutupan Jl Raya Sukowati dari dua arah berlawanan itu mengakibatkan kepadatan lalu lintas di sejumlah jalan seperti Jl Slamet Riyadi, Jl Ahmad Yani, Jl Dr Sutomo. Kemudian Jl Jenderal Sudirman, Jl Letjen Sutoyo, Jl Urip Sumoharjo, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, gang-gang jalan yang biasanya lengang mendadak ramai lalu lalang kendaraan. Hal itu membuat warga sekitar merasa tidak nyaman sehingga sejumlah jalan di Sragen Kulon akhirnya ditutup oleh warga.

Sejumlah gang yang ditutup warga antara lain di Kampung Bangusari, Tegalsari, dan Beloran. Warga menutup gang itu menggunakan pagar besi. Sejumlah pengguna jalan yang hendak melintasi gang itu pun harus mencari jalan lain.

Baca Juga: PPKM Darurat Sragen, Testing Ditingkatkan jadi 1.905 Orang Per Hari

Banyak Anak-Anak Bermain

Meski sudah menghidupkan lampu riting pertanda hendak masuk gang jalan, mereka akhirnya memilih balik kanan atau tetap melajukan kendaraan mencari jalan lain.

“Jalan gang menuju kampung Sragen Kulon ditutup lantaran warga tidak ingin kampungnya jadi bising dilalui kendaraan. Hal itu membuat debu dan karbon yang mencemari udara. Apalagi di jalan kampung banyak anak-anak bermain. Tentu sangat berbahaya kalau gang jalan tidak ditutup,” jelas warga Sragen Kulon, Suharto, 60, kepada Solopos.com, Minggu (4/7/2021).

Sebelumnya, Polres Sragen mengambil kebijakan penutupan akses masuk ke kawasan kota Sragen bagi kendaraan luar kota dari arah barat dan arah timur. Penutupan akses tersebut untuk mengurangi mobilitas masyarakat selama PPKM darurat, Sabtu-Selasa (3-20/7/2021).

Baca Juga: PPKM Darurat Tak Ada Tawar-Menawar, Ada Kerumunan di Sragen Langsung Dibubarkan!

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Sragen Ipda Sigit Kriyanto menyampaikan penutupan akses dari luar kota dilakukan di simpang tiga Pungkruk, simpang tiga Beloran, dan simpang empat terminal lama.

Ia menerangkan penutupan akses ke pusat Kota Sragen dari arag timur dan barat ditutup selama 24 jam, sementara akses sekunder lainnya ditutup mulai pukul 18.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya