SOLOPOS.COM - Ilustrasi takbiran keliling. (Solopos/dok)

Solopos.com, SUKOHARJOPemkab Sukoharjo mengimbau seluruh elemen masyarakat tidak menggelar pawai takbir keliling di malam Lebaran 2022. Pawai takbir keliling berpotensi menimbulkan kerumunan sehingga terjadi transmisi penularan Covid-19 yang saat ini sebenarnya sudah melandai.

Beberapa pimpinan kecamatan di Sukoharjo sepakat warganya tidak ada yang melakukan takbir keliling. Camat Bendosari, Sukoharjo, Rohmadi, mengatakan warganya akan melakukan takbiran di masjid masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Insyaallah takbir dikumandangkan di masjid-masjid karena masih pandemi. Kami imbau tidak takbir keliling, cukup di masjid lingkungan masing-masing. Mayoritas masyarakat akan mengadakan Salat Id di Masjid Jami terdekat [Masjid Jami’ Abdurrahman As Sanad],” jelasnya saat dihubungi, Minggu (1/5/2022).

Camat Weru, Pandiyanto, mengatakan tidak ada takbir keliling saat malam Lebaran 2022.

“Takbir dilaksanakan di masjid atau musala masing-masing. Tidak diperkenankan takbir keliling,” Jelasnya.

Baca Juga: Tim Gabungan Sukoharjo Gencarkan Patroli di Malam Takbiran, Mana Saja?

Hal senada dijelaskan Camat Kartasura, Joko Miranto. Warga di Kartasura diimbau tidak menggelar tabir kelililing di malam Lebaran 2022.

”Takbiran di masjid/musala masing-masing. Tidak diizinkan takbiran keliling. Salat Idulfitri di masjid/musala/lapangan dengan tetap melaksanakan prokes,” katanya saat dihubungi, Minggu.

Camat Baki, Sutarto, juga mengatakan warganya akan melakukan Salat Id di masjid masing-masing atau lapangan.

Baca Juga: Awas Kecele, Ini Jadwal Buka Pusat Perbelanjaan Sukoharjo Saat Lebaran

Konvoi

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan pawai takbir keliling yang disertai konvoi arak-arakan kendaraan bermotor di jalan raya bisa mengganggu arus lalu lintas terutama di jalur mudik.

Para pengguna jalan lainnya bakal merasa terganggu saat ada arak-arakan pawai takbir keliling. Sehingga masyarakat dimintak tak bereuforia dalam menyambut Lebaran.

“Imbauan kami, masyarakat tidak menggelar pawai takbir keliling yang melibatkan orang dalam jumlah banyak. Kepolisian membantu pemerintah dalam pengendalian pandemi Covid-19,” jelas Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya