SOLOPOS.COM - Ilustrasi wong kalang (Instagram/@gypsyindonesia)

Solopos.com, SOLO — Jejak kehidupan warga Suku Kalang alias Wong Kalang ternyata dapat ditemukan di Kota Solo, Jawa Tengah. Konon, dulu mereka adalah tukang kayu andalan Keraton Solo.

Ketua Komunitas Pencinta Sejarah Solo Societeit, Dani Saptoni, mengatakan, Wong Kalang dulu hidup di sekitar Keraton Solo. Wilayah tempat tinggal mereka kini bernama Kalangan di Kelurahan Jagalan, Jebres, Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Makanya sekarang ada Kampung Kalangan di Jagalan. Itu dulu permukiman para abdi dalem Kalang asli yang ikut membangun Keraton. Mereka jadi tukang dan mebeler,” urainya saat diwawancara Solopos.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jejak Wong Kalang di Solo Ada di Kampung Kalangan Jebres

Tukang Kayu

Konon, beberapa warga Kalang pernah menjadi Abdi Dalem Keraton Solo atau pengikut Paku Buwono II. Mereka dikenal mempunyai kemampuan lebih dalam hal pembangunan dan seni ukir kayu.

Dulu, mereka diberdayakan untuk membangun Keraton Solo. Salah satu bangunan peninggalan Wong Kalang yang masih bisa dilihat saat ini adalah Lojen Sasana Mulyo, rumah bagi putra raja.

Lurah Jagalan, Nanang Heri Tri Wibowo, mengatakan, sepengetahuannya Kampung Kalangan dulunya merupakan permukiman tukang kayu dari Keraton Solo.

“Begini, yen kuwi sejarah. Kalangan itu kan dulunya tempat pegawai atau tukang kayu dari Keraton. Dulu kan istilahe tukang kayu. Akhire kan bertempat tinggal di situ,” terang Nanang, panggilan akrabnya saat diwawancarai via ponsel, Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Asale Kampung Kalangan Jebres Solo, Bekas Pemukiman Wong Kalang?

Kampung Kalangan

Keberadaan tukang kayu Keraton Solo yang bermukim di wilayah Jagalan itu pun bertambah seiring berjalannya waktu. Sampai akhirnya nama wilayah itu disebut sebagai Kampung Kalangan yang berkaitan dengan jejak Wong Kalang.

“Dengan namanya Kalangan itu kan ada salah satu abdi dalem, istilahe tukang kayu, bertempat tinggal di situ. Ya lama-lama kan akhire ya nggawa kerabat, seperti itu. Jadi, profesinya sebagai tukang kayu, kerja di Keraton Kasunanan,” urainya.

Wong Kalang adalah kelompok suku yang bermukim di Pulau Jawa, khususnya di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sejumlah literatur mencatat Wong Kalang sengaja hidup mengasingkan diri di dalam hutan. Mereka tercatat banyak bermukim di Kabupaten Blora dan Rembang serta Bojonegoro dan Tuban.

Baca juga: Asale Dalem Sasono Mulyo, Rumah Putra Raja Solo Peninggalan Wong Kalang

Pada perjalanannya, Wong Kalang hidup berpindah-pindah ke berbagai tempat, termasuk ke Jogja dan Solo. Mereka dikenal sebagai ahli perkayuan dan seni ukir. Peninggalan mereka bisa dilihat di kawasan Kota Gede Jogja yang memiliki banyak rumah megah dengan arsitektur yang artistik. Kabarnya, rumah-rumah tersebut adalah warisan peninggalan Wong Kalang.

Sementara itu jejak kehidupan mereka di Kota Solo kabarnya dapat ditemukan di Kampung Kalangan, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya