SOLOPOS.COM - Serpihan pesawat penumpang Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Jawa Barat, menjadi salah satu kecelakaan udara terburuk di tahun 2012. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Solopos.com, SOLO — Kecelakaan Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) di Gunung Salak terjadi pada tanggal 9 Mei 2012 dalam penerbangan demonstrasi berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Indonesia. 45 orang dinyatakan meninggal.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 9 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1653

Taj Mahal selesai dibangun setelah memakan waktu kurang lebih 11 tahun. Bangunan yang terletak di Agra, Uttar Pradesh, India tersebut dibangun atas perintah Kaisar Mughal Shah Jahan dan dipergunakan sebagai makam istri tercintanya.

1942

Kota Belgrade di Serbia menjadi kota pertama yang digunakan pasukan Jerman untuk melaksanakan pembantaian terhadap orang Yahudi. Pendudukan Jerman di kota tersebut berhasil dijalankan atas bantuan pengkhianat Serbia.

1942

Holocaust yang dilakukan pasukan Jerman di Ukraina dan Belarusia dimulai. Pasukan khusus Jerman mengeksekusi 588 warga Yahudi di kota Podolian, Ukraina. Ghetto Zoludek di Belarusia yang berdekatan dengan Ukraina juga dihancurkan dan semua penghuninya dieksekusi mati.

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah: 8 Mei 2018 Penyanderaan di Rutan Mako Brimob

1945

Dokumen penyerahan tanpa syarat Jerman kepada Sekutu yang dibuat di Rheims, Prancis beberapa hari sebelumnya, disahkan di Berlin Jerman. Dokumen tersebut ditandatangani antara pihak Sekutu dan Jerman.

Vittorio Emanuele III. (Wikipedia.org)

1946

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, Raja Italia Vittorio Emanuele III turun dari taktanya atas kemauannya sendiri dan digantikan putranya, Umberto II. Semasa menjabat sebagai raja, Vittorio Emanuele III dituding terlalu banyak bekerja sama dengan Benito Mussolini.

1955

Jerman Barat resmi bergabung dengan NATO. Hal tersebut membuat ketegangan dengan Jerman Timur yang dikontrol Uni Soviet semakin memanas.

Baca juga: Dilarikan ke Rumah Sakit, Ini Riwayat Penyakit Raja Salman

1960

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) menyetujui untuk menggunakan pil sebagai alat kontrasepsi pencegah kehamilan. Hal tersebut untuk mencegah ledakan penduduk di AS.

1992

Pasukan Armenia berhasil merebut Kota Shusha dari cengkeraman pasukan Azerbaijan dalam Perang Nagorno-Karabakh. Perang ini melibatkan pasukan Armenia dan Azerbaijan yang berlangsung sejak 1988 hinggah 1994 dengan hasil kemenangan Armenia.

Nelson Mandela. (Limkokwing.net)
Nelson Mandela. (Limkokwing.net)

1994

Setelah memenangi pemilihan umum secara demokratis pertama di Afrika Selatan (Afsel), Neslon Mandela resmi dilantik sebagai presiden. Nelson adalah orang kulit hitam pertama yang menjadi presiden Afsel.

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah: 7 Mei 2013 Gunung Mayon Filipina Meletus

2004

Presiden Chechnya, Akhmad Kadryov, tewas setelah bom ranjau yang ditanam di bawah kursi yang ia duduki sat menonton parade kemenangan Perang Dunia II meledak. Pemimpin gerakan pemberontak Chechnya, Shamil Basayev, mengklaim dirinya sebagai orang yang bertanggung jawab.



2012

Kecelakaan Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) di Gunung Salak terjadi pada tanggal 9 Mei 2012 ketika sebuah pesawat Sukhoi Superjet 100 menghilang dalam penerbangan demonstrasi yang berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Indonesia. 45 orang dinyatakan meninggal.

2017

Pasca mengalami kekalahan dalam Pilgub DKI Jakarta 2017, Basuki Tjahaja Purnama pada 9 Mei 2017, ia divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas kasus penodaan agama.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya