SOLOPOS.COM - Serangan bom di dua gereja Kristen koptik di Mesir pada Minggu, 9 April 2017. (Bisnis/Reuters)

Solopos.com, SOLO — Setidaknya 36 orang meninggal dunia dan lebih dari 100 orang terluka dalam serangan bom di dua gereja Kristen koptik di Mesir pada Minggu, 9 April 2017. ISIS mengklaim bertanggungjawab atas serangan tersebut.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 9 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Henry V. (Wikipedia.org)
Henry V. (Wikipedia.org)

1413

Henry V dinobatkan sebagai Raja Inggris menggantikan ayahnya, Henry IV. Kemudian ia memimpin Inggris hingga akhir hayatnya pada 1422 dan digantikan putraya, Henry VI.

1940

Pasukan Jerman mulai menginvasi Norwegia dan Denmark pada 9 April. Sejumlah kapal perang milik Jerman berlabuh di beberapa pelabuhan di Norwegia. Namun pada saat yang sama, militer Jerman berhasil menduduki Kota Kopenhagen di Denmark.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 8 April 2020 Penyanyi Glenn Fredly Meninggal Dunia

Mayor Jenderal Edward King dari Amerika Serikat mendiskusikan syarat menyerah ke Jepang setelah kalah di Filipina. (Wikipedia.org)
Mayor Jenderal Edward King dari Amerika Serikat mendiskusikan syarat menyerah ke Jepang setelah kalah di Filipina. (Wikipedia.org)

1942

Pasukan Amerika Serikat dan Filipina secara resmi menyerah ke pasukan Jepang dan menyerahkan wilayah Semenanjung Bataan kepada Jepang. Selain itu sebanyak 70.000 tentara Amerika Serikat dan Filipina digiring oleh pasukan Jepang untuk ditahan.

1945

Kapal perang milik Jerman yang sedang berlabuh di Pelabuhan Kiel, Jerman dan ditinggalkan awaknya untuk bertempur melawan pasukan Uni Soviet di dekat pelabuhan menerima serangan dari pesawat tempur milik Inggris pada 9 April. Sehingga Inggris yang mengerahkan 300 pesawat tempur berhasil menenggelamkan kapal tersebut.

1946

TKR Djawatan Penerbangan resmi diubah menjadi Tentara Republik Indonesia Angkatan Oedara (TRI AO) pada 9 April 1946. Adapun perubahan ini berdasarkan Penetapan Presiden Republik Indonesia No 6/SD/1946 dengan Kepala Staf Komodor Udara R. Soerjadi Soerjadarma. Kemudian perubahan ini diperingati setiap tahun sebagai Hari Penerbangan Nasional dan Hari Ulang Tahun TNI AU.

Baca juga: Voting Penangguhan Rusia dari Dewan HAM PBB, Indonesia Pilih Abstain

1957

Terusan Suez di Mesir dinyatakan aman untuk dilintasi kapal setelah pertempuran antara Mesir dan Israel berakhir. Namun sebelumnya, Israel telah menarik mundur pasukannya dari Terusan Suez.

1991

Georgia menyatakan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Selain itu pada tahun yang sama, beberapa negara anggota Uni Soviet juga memisahkan diri yang berujung dengan bubarnya Uni Soviet pada 26 Desember 1991.

1999

Presiden Niger, Ibrahim Bare Mainassara, dibunuh dalam sebuah kudeta militer oleh para tentara di bandar udara di ibu kota Niger, Niamey pada 9 April. Kemudian Ibrahim Bare Mainassara menjabat sebagai Presiden Niger sejak 1996 setelah berhasil menggulingkan pemerintahan Presiden Mahamane Ousmane.

Gus Dur
Dus Dur sebagai bapak budaya Tionghoa. (NU Online)

2001

Presiden Abdurrahman Wahid dikenal dengan Gus Dur, menjadikan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur fakultatif di Indonesia pada 9 April. Adapun penetapan ini berdasar Keppres nomor 19 tahun 2001.

Baca juga: Ternyata Orang Mesir Lebih Suka Sahur Bersama daripada Bukber

2003

Pasukan Amerika Serikat (AS) yang menginvasi Irak menghancurkan patung Sadam Hussein. Sehingga patung tersebut hancur berkeping-keping setelah dibombardir menggunakan tank. Kemudian peristiwa itu juga menandai jatuhnya pemerintahan Sadam Hussein di Irak.



2012

Sebuah bom meledak di sebuah pasar di Kota Baidoa, Somalia pada 9 April. Bahkan serangan tersebut menewaskan 12 orang yang terdiri dari wanita dan anak-anak. Kelompok militan Al-Shabab bertanggung jawab atas serangan tersebut.

2014

Pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR, DPD, dan DPRD diselenggarakan pada 9 April 2014 untuk memilih 560 anggota DPR, 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta anggota DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk periode 2014-2019.

2017

Setidaknya 36 orang meninggal dunia dan lebih dari 100 orang terluka dalam serangan bom di dua gereja Kristen koptik di Mesir pada Minggu, 9 April 2017. ISIS mengklaim bertanggungjawab atas serangan yang terjadi sebelum Hari Raya Paskah dan rencana kunjungan Paus Francis ke Mesir.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya