Sejarah Hari Ini : 8 Oktober 2005, Tragedi Gempa Kashmir

Beragam peristiwa terjadi di dunia pada 8 Oktober. Simak selengkapnya dalam Sejarah Hari Ini yang disajikan Solopos.com.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 8 Oktober 2005, Tragedi Gempa Kashmir
SOLOPOS.COM - Kerusakan akibat gempa bumi Kashmir 2005. (Twitter)

Solopos.com, SOLO — Gempa bumi terjadi di Kashmir, Pakistan utara, dan juga memicu kerusakan di Afganistan dan utara India pada 8 Oktober 2005 sekitar pukul 03.50 waktu setempat. Bencana itu menewaskan sedikitnya 74.000 orang dan menyebabkan 2,5 juta penduduk kehilangan tempat tinggal.

United States Geological Survey memberikan besar gempa dengan magnitudo 7,6, dengan episenter di dekat Muzaffarabad, sekitar 105 km (65 mil) timur laut Islamabad dengan kedalaman 26 km (16,2 mil) dari permukaan. Sedangkan Japan Meteorological Agency memberikan magnitudo sebesar 7,8. Gempa ini diklasifikasikan besar oleh USGS.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Bencana gempa bumi yang mengguncang wilayah Kashmir dan sekitarnya itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 8 Oktober.

Baca juga: RI Tambah 1.484 Positif Covid-19 Sehari, Jateng Sumbang 166 Kasus

Selain gempa bumi yang menewaskan puluhan ribu jiwa, masih banyak peristiwa bersejarah pada 8 Oktober yang terangkum pada Sejarah Hari Ini, 8 Oktober, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

876

Pertempuran antara pasukan Francia Timur pimpinan Louis III dan pasukan Francia Barat yang dipimpin Charles II meletus di dekat Andernach, yang kini menjadi wilayah Jerman. Pertempuran itu dipicu Charles II yang ingin menguasai wilayah Francia Tengah dan ditentang Louis III. Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan pasukan Francia Timur.

1573

Pengepungan yang dilakukan pasukan Spanyol di Alkmaar atau kini Holandia, Belanda yang berlangsung selama hampir dua bulan berakhir. Pengepungan itu berkahir dengan mundurnya pasukan Spanyol dari Alkmaar. Peristiwa itu sekaligus menjadi kemenangan pertama pasukan Belanda dalam di masa Perang 80 Tahun.

1871

Kebakaran Besar Chicago dimulai pada hari Minggu, 8 Oktober, dan berlangsung selama tiga hari sebelum akhirnya padam dengan sendirinya pada hari Selasa, 10 Oktober 1871. Api menewaskan hingga 300 orang, menghancurkan sekitar 3,3 mil persegi (9 km2) dari Chicago, Illinois, dan menyebabkan lebih dari 100.000 penduduk kehilangan tempat tinggal.

Baca juga: Ribuan Video Penyiksaan Napi Gegerkan Rusia

1912

Montenegro mendeklarasikan perang terhadap Kesultanan Ottoman dan memecah Perang Balkan I yang berlangsung hingga 30 mei 1913. Montenegro lantas bersekutu dengan Bulgaria, Serbia, dan Yunani. Persekutuan yang lantas dinamai Liga Balkan itu akhirnya berhasil menang dalam perang tersebut dengan merebut beberapa wilayah kekuasaan Kesultanan Ottoman.

1929

Peresmian penggunaan Stasiun Jakarta Kota oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda jhr. A.C.D. de Graeff. Stasiun Jakarta Kota (JAKK) adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Kelurahan Pinangsia, kawasan Kota Tua, Jakarta. Dengan luas 3,25 ha (32500 m2), stasiun yang terletak pada ketinggian 4 meter ini merupakan stasiun utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi I Jakarta dan merupakan satu dari sedikit stasiun di Indonesia yang bertipe terminus (perjalanan awal/akhir), yang tidak memiliki jalur lanjutan lagi.

1939

Pemimpin Jerman Adolf Hitler secara resmi mengeluarkan surat keputusan untuk memasukkan wilayah Polandia bagian barat dan Kota Bebas Danzig ke wilayah administrasi Jerman. Hal itu menyusul keberhasilan pasukan Jerman dalam invasi ke Polandia yang dilancarkan selama lebih dari sebulan.

1941

Pasukan Jerman tiba di Ukraina dan menduduki wilayah Mariupol. Hal itu memicu ketegangan dengan Uni Soviet dan menyebabkan meletusnya Pertempuran Rostov di Rostov-on-Don, Rusia, dekat Ukraina, pada 21 November tahun yang sama. Pertempuran itu berlangsung selama enam hari dan berakhir dengan kemanangan Uni Soviet.

1943

Pasukan Jerman mengeksekusi mati 30 warga sipil di Desa Kallikratis, Pulau Kreta, Yunani. Para warga sipil itu dibantai lantaran menolak pendudukan Jerman di desa tersebut.

1944

Pertempuran antara pasukan Jerman dan pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di Bukit Crucifix, Jerman. Pasukan AS berhasil memenangi pertempuran tersebut sekaligus menguasai wilayah Bukit Crucifix.

Baca juga: Jokowi Diterpa Video Joget Tanpa Masker, Polisi Pastikan Hoaks

1970

Matt Damon lahir di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Pria bernama lengkap Matthew Paige Damon itu adalah seorang aktor, produser film, dan penulis skenario terkemuka. Damon salah satunya populer karena perannya membintangi karakter Jason Bourne dalam waralaba Bourne (2002–16) dan sebagai seorang pencuri dalam trilogi Ocean’s (2001–2007). Damon menerima beberapa penghargaan, termasuk satu Academy Award dari empat nominasi, dua penghargaan Golden Globe, dan dua kali masuk nominasi British Academy Film Awards, serta lima nominasi Penghargaan Emmy.

1990

Polisi Israel membunuh 17 orang Palestina di dekat Masjid Kubah Batu, Yerusalem, Palestina. Selain itu, sekitar 100 orang lainnya terluka akibat aksi polisi Israel itu. Peristiwa itu tak lepas dari konflik Israel-Palestina yang berlarut-larut sejak 1964.

2004

Schapelle Corby, seorang wanita warga Australia, ditangkap membawa 4,2 kg ganja di Bandara Ngurah Rai, Bali. Corby ditemukan bersalah atas tuduhan yang diajukan terhadapnya dan divonis hukuman penjara selama 20 tahun pada 27 Mei 2005. Selain itu, ia juga didenda sebesar Rp100 juta. Pada 12 Oktober 2005, setelah melalui banding, hukuman Corby dikurangi lima tahun menjadi 15 tahun. Kemudian pada 12 Januari 2006, melalui putusan kasasi, MA memvonis Corby kembali menjadi 20 tahun penjara, dengan dasar bahwa narkotika yang diselundupkan Corby tergolong kelas I yang berbahaya.

2005

Gempa bumi Asia Selatan terjadi di Kashmir, Pakistan utara, dan juga kerusakan di Afganistan dan utara India pada 8 Oktober 2005. Bencana itu menewaskan sedikitnya 74.000 orang dan menyebabkan 2,5 juta penduduk kehilangan tempat tinggal.

Banyak korban yang meninggal dunia saat bangunan yang mereka diami runtuh. 50% Gedung-gedung di Muzaffarabad dinyatakan telah rata dengan tanah. Di Islamabad, dua bangunan tinggi yang merupakan apartemen, runtuh, sehingga korban dalam gedung mencapai sekitar ratusan.

2009

Pecahan asteroid yang menembus atmosfer bumi meledak di langit Bone, Sulawesi Selatan, dan memicu getaran di daratan mencapai 1,9 sR. Ledakan diperkirakan terjadi 10 km dari permukaan bumi. Kekuatan ledakan diperkirakan mendekati 50 kiloton TNT atau sekitar tiga kali kekuatan bom atom yang meledak di Hiroshima, Jepang. Perkiraan diameter material yang meledak adalah 10 m, namun pecahan tidak ada yang sampai di permukaan bumi.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago