Sejarah Hari Ini : 8 November 1643, Shunzhi Jadi Kaisar Dinasti Qing

Beragam peristiwa terjadi di dunia pada 8 November simak rangkumannya dalam Sejarah Hari Ini.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 8 November 1643, Shunzhi Jadi Kaisar Dinasti Qing
SOLOPOS.COM - Shunzhi. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Shunzhi secara resmi dinobatkan sebagai Kaisar Dinasti Qing pada 8 November 1643. Shunzhi lantas menjadi kaisar pertama dari Dinasti Qing yang berhasil menguasai seluruh wilayah Tiongkok. Ia kemudian bertakhta di Beijing setelah runtuhnya Dinasti Ming.

Penobatan Sunzhi menjadi Kaisar Dinasti Qing merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah yang terdai pada 8 November, hari ke-312 (hari ke-313 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Selain itu, ada sejumlah peristiwa lain yang layak dikenang pada 8 November. Simak rangkuman Sejarah Hari Ini, 8 November, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org berikut:

960

Pasukan Kekaisaran Bizantium pimpinan Leo Phokas berhasil mengalahkan pasukan Dinasti Hamdanid yang dipimpin Sayf Al-Dawla di Andrassos, Yunani. Pertempuran itu pecah setelah pasukan Bizantium menginvasi wilayah Andrassos yang merupakan kekuasaan Hamdanid. Kemenangan itu merupakan yang pertama diraih pasukan Kekaisaran Bizantium setalah berkali-kali kalah dari pasukan Dinasti Hamdanid dalam beberapa pertempuran sebelumnya.

1520

Setelah berhasil menginvasi wilayah Swedia, pasukan Denmark pimpinan Raja Kristian II mengeksekusi mati sekitar 100 orang di Stockholm. Orang-orang yang dieksekusi mati itu kebanyakan adalah bangsawan dan pendeta. Peristiwa itu kini dikenang dengan nama Pertumpahan Darah Stockholm.

Baca juga: Masih Misteri, Harta Karun Jutaan Dolar di Negara Ini Belum Ditemukan

1620

Hanya dalam waktu dua jam, pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan aliansinya berhasil mengalahkan pasukan pemberontak di Kerajaan Bohemia dalam Pertempuran Gunung Putih di Bila Hora, dekat Praha, Bohemia atau kini Ceko. Kemenangan itu sekaligus mengakhiri pemberontakan di Bohemia yang berlangsung sejak 1618.

1643

Shunzhi secara resmi dinobatkan sebagai Kaisar Dinasti Qing. Shunzhi lantas menjadi kaisar pertama dari Dinasti Qing yang berhasil menguasai seluruh wilayah Tiongkok. Ia kemudian bertakhta di Beijing setelah runtuhnya Dinasti Ming.

1864

Abraham Lincoln terpilih kembali sebagai Presiden Amerika Serikat. Lincoln (12 Februari 1809 – 15 April 1865) adalah Presiden ke-16 Amerika Serikat, yang menjabat sejak 4 Maret 1861 sampai terjadi pembunuhan terhadap dirinya. Dia memimpin bangsanya keluar dari Perang Saudara Amerika, mempertahankan persatuan bangsa, dan menghapuskan perbudakan. Sebelum pelantikannya pada tahun 1860 sebagai presiden pertama dari Partai Republik, Lincoln berprofesi sebagai pengacara, anggota legislatif Illinois, anggota DPR Amerika Serikat, dan dua kali gagal dalam pemilihan anggota senat.

1923

Adolf Hitler memimpin beberapa orang anggota Partai Sosialis Nasional atau yang lantas dikenal sebagai Partai Nazi di Munchen, untuk menggulingkan pemerintahan Republik Weimar. Namun upaya tersebut gagal dan Hitler ditangkap serta markas partai tersebut digerebek. Surat kabar milik Partai Nazi, Volkischer Beobachter, juga dilarang beredar.

Baca juga: Pendidik di Jerman Menilai Serial Squid Game Tak Baik untuk Anak

1940

Pertempuran Elaia–Kalamas antara Italia dan Yunani di Epirus, Yunani, berakhir dengan kemenangan Yunani. Pasukan Yunani berhasil mengalahkan pasukan Italia dalam waktu tujuh hari meskipun kalah jumlah. Atas hasil itu, Italia gagal menginvasi wilayah Yunani.

1940

Orang-orang yang tinggal di terowongan bawah tanah di London, Inggris, mengirimkan permintaan kepada pemerintah agar memberikan selimut sebagai penghangat. Terowongan bawah tanah menjadi tempat berlindung bagi warga di London saat Jerman membombardir kota tersebut.

1950

Di masa Perang Korea, tentara Amerika Serikat (AS) Russell J. Brown yang mengendalikan pesawat F-80 Shooting Star berhasil menembak jatuh dua pesawat MIG-15s milik Korea Utara (Korut). Peristiwa itu merupakan pertempuran pertama antarpesawat tempur bermesin jet.

1973

Sebuah bom rakitan meledak di atas meja guru di Brisbane, Queensland, Australia. Akibat ledakan itu, sang guru kehilangan kedua tangan, satu siswa meninggal dunia, dan 11 siswa lainnya terluka di mana satu di antaranya kehilangan kedua lengan.

Joseph John Cole. (Reuters)
Joseph John Cole. (Reuters)

1981

Joseph John Cole lahir di Paddington, London, Inggris. Namanya lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola profesional yang pernah membela beberapa klub besar di Inggris, yakni West Ham United, Cheslea, dan Liverpool. Sebelum pensiun pada 2018 lalu, Cole sempat membela salah satu klub di Amerika Serikat (AS), Tampa Bay Rowdies.

1987

Sebuah bom meledak di Irlandia Utara pada upacara peringatan perang Britania, menewaskan 11 orang.

Baca juga: Kisah Pemburu Harta Karun Denmark Temukan Emas Zaman Pra-Viking 1 Kg

2004

Setelah pasukan Amerika Serikat (AS) melakukan beberapa serangan ke markas kelompok pemberontak di Fallujah, Irak, sekitar 10.000 tentara AS dan beberapa tentara Irak mengepung Fallujah demi mengalahkan pasukan pemberontak. Pengepungan itu memicu Pertempuran Fallujah II yang berlangsung lebih dari sebulan dan berakhir dengan kemenangan AS.

2006

Keith Ellison, seorang Demokrat, menjadi muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres AS dengan memenangkan kursi Minnesota di Dewan Perwakilan Rakyat. Dia mencapai tonggak politik ini dengan mengalahkan dua kandidat lainnya di Distrik Kongres ke-5 Minnesota, yang meliputi wilayah Minneapolis. Ellison memenangkan 56% suara, mengalahkan Alan Fine dari Partai Republik dan Tammy Lee dari Partai Kemerdekaan, keduanya mengumpulkan 21% suara.

2009

Ribuan orang Jepang menggelar aksi protes menuntut penghapusan pangkalan Amerika Serikat (AS) di Pulau Okinawa. Wali kota setempat telah meminta Perdana Menteri baru, Yukio Hatoyama, “untuk mengakhiri beban dan cobaan berat Okinawa”. Sebelumnya, Jepang dan AS sepakat untuk merelokasi pangkalan Futenma dari daerah perkotaan ke tanah reklamasi pada tahun 2006.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago