SOLOPOS.COM - Jerman Barat Piala Dunia 1990 (Gulfnews.com)

Solopos.com, SOLO — Jerman Barat berhasil meraih gelar juara untuk kali ketiga dalam ajang Piala Dunia FIFA setelah mengalahkan Argentina dengan skor 1-0 di Stadion Olimpico, Roma, Italia, pada 8 Juli 1990.

Masih banyak peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi pada 8 Juli, dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1497

Seorang penjelajah asal Portugal, Vasco da Gama, memulai pelayarannya ke India dari Lisbon, Portugal. Armadanya kemudian tiba di India pada 20 Mei 1498. Sehingga Vasco da Gama menjadi penjelajah pertama yang menemukan jalur laut dari Eropa ke India.

1709

Pasukan Rusia yang dipimpin Peter I berhasil mengalahkan pasukan Swedia pimpinan Charles XII dalam Pertempuran Poltava di Poltava, Het’manshchyna atau kini Ukraina. Kemenangan Rusia ini mengakhiri masa emas Swedia sebagai kekuatan besar di Eropa.

1716

Pasukan Denmark-Norwegia berhasil mengalahkan pasukan Swedia di Dynekilen, sebelah utara Stromstad, Swedia. Hasil dari salah satu pertempuran di masa Perang Besar Utara memaksa Swedia untuk membatalkan invasinya ke wilayah Norwegia.

Baca juga: Mantan PM Jepang Ditembak, Polisi Tangkap Pelaku Penembakan

1937

Turki, Iran, Irak, dan Afganistan menandatangani Perjanjian Saadabad di Istana Saadabad, Teheran, Iran. Dari perjanjian itu, disebutkan bahwa Turki, Iran, Irak, dan Afganistan tak diperbolehkan melakukan serangan satu sama lain selama lima tahun.

1960

Pilot asal Amerika Serikat (AS), Francis Gary Powers, dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh pengadilan Uni Soviet karena dituduh memata-matai Uni Soviet untuk AS. Francis dibebaskan dua tahun kemudian dan ditukar dengan mata-mata asal Uni Soviet yang tertangkap di AS.

satelit palapa
Palapa A1 diluncurkan dengan roket Delta 2914 dari Kennedy Space Center, Tanjung Canaveral, Florida, AS, 8 Juli 1976. (Infoastronomy.org)

1976

Satelit pertama milik Indonesia, Palapa A1, diluncurkan dengan roket Delta 2914 dari Kennedy Space Center, Tanjung Canaveral, Florida, Amerika Serikat (AS). Satelit Palapa A1 didesain dan dibangun secara khusus agar mampu mengonsentrasikan kekuatan sinyalnya ke seluruh wilayah kepulauan di Indonesia serta negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 7 Juli 2005, Bom Bunuh Diri di London, Inggris

1990

Jerman Barat berhasil meraih gelar juara untuk kali ketiga dalam ajang Piala Dunia FIFA setelah mengalahkan Argentina dengan skor 1-0 di Stadion Olimpico, Roma, Italia dalam partai final. Gol diciptakan Andreas Brehme dari titik penalti.

1994

Presiden pertama Korea Utara (Korut), Kim Il Sung, meninggal dunia pada usia 82 tahun karena serangan jantung. Kim Il Sung yang menjabat sebagai presiden sejak 1948 lantas digantikan putranya, Kim Jong Il, yang menjabat hingga akhir hayatnya pada 17 Desember 2011.

2007

Setelah 42 tahun ditutup, jalur kereta api dari India ke Bangladesh kembali dibuka. Jalur kereta api tersebut ditutup sejak meletusnya Perang India-Pakistan pada 1965.

Baca juga: Polda Jawa Timur Tahan Anak Kiai Jombang

2009



Situs Internet milik pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) berhasil dibobol dan diacak-acak. Pemerintah AS dan Korsel menuding pemerintah Korea Utara (Korut) atau simpatisan Korut menjadi pihak yang bertanggung jawab.

2011

Elizabeth Anne “Betty” Bloomer Ford adalah istri presiden Amerika Serikat, Gerald R. Ford. Ia merupakan Ibu Negara Amerika Serikat dari tahun 1974 hingga tahun 1977 dan meninggal pada 8 Juli 2011.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya