SOLOPOS.COM - Pesawat Garuda Indonesia tergelincir dan terbakar pada 7 Maret 2007 di Bandar Udara Adi Sutjipto Yogyakarta. Korban meninggal 21 penumpang dan 1 awak pesawat. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pesawat Garuda Indonesia Penerbangan GA-200 jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kecelakaan tergelincir dan akhirnya terbakar pada 7 Maret 2007 sekitar pukul 07.05 WIB di Bandar Udara Adi Sutjipto Yogyakarta. Korban meninggal 21 penumpang dan 1 awak pesawat.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-66—hari ke-67 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 7 Maret.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 7 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

161

Kaisar Romawi, Antonius Pius, meninggal dunia pada usianya yang ke-75 karena sakit keras yang sudah ia alami sejak lama. Pius telah memimpin Romawi selama 23 tahun hingga akhir hayatnya. Ia lantas digantikan anak angkatnya, Lucius Verus.

Lukisan Pertempuarn Lepanto, salah satu pertempuran di masa Perang Ottoman-Venesia. (Wikipedia.org)
Lukisan Pertempuarn Lepanto, salah satu pertempuran di masa Perang Ottoman-Venesia. (Wikipedia.org)

1573

Kekaisaran Ottoman dan Republik Venesia menandatangani perjanjian perdamaian untuk mengakhiri Perang Ottoman-Venesia yang sudah berlangsung kurang lebih tiga tahun pada 7 Maret. Dalam perjanjian itu juga disebutkan kawasan Siprus yang sebelumnya milik Republik Venesia secara resmi jatuh ke tangan Kekaisaran Ottoman.

Baca juga: Dapat Donasi dari Kripto Bitcoin Cs, Ukraina Beli Perlengkapan Militer

1799

Kaisar Prancis, Napoleon Bonaparte, bersama pasukannya berhasil menguasai kota pelabuhan di selatan Palestina, Jaffa. Setelah itu, pasukan Prancis membunuh sedikitnya 2.000 tawanan.

1876

Alexander Graham Bell diberikan paten untuk penemuannya yang ia sebut telepon (paten # 174.464) pada 7 Maret. Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell.

1936

Pemimpin Jerman, Adolf Hitler, melanggar Perjanjian Versailles dengan menempatkan pasukan militer Jerman ke zona demiliterisasi di sepanjang Sungai Rhine, sebelah barat negara tersebut. Perjanjian Versailles sejatinya perjanjian perdamaian antara Sekutu dan Jerman untuk mengakhiri Perang Dunia I.

Ivana Lie (Antara)
Pebulutangkis Indonesia Ivana Lie (Antara)

1960

Ivanna Lie Ing Hoa akrab disapa Ivana Lie adalah pemain bulu tangkis Indonesia era 1980-an kelahiran Bandung, Jawa Barat, 7 Maret. Dia pemain yang mampu turun di tiga nomor yaitu tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Bahkan dia pernah berpasangan dengan Verawaty Fajrin, Rosiana Tendean dan Crhistian Hadinata,

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 5 Maret 1953 Presiden Uni Soviet Stallin Meninggal

1961

Presiden AS, John F. Kennedy, memberikan gelar jenderal besar bintang lima kepada Dwight D. Eisenhower. Eisenhower adalah presiden AS yang menjabat sebelum Kennedy.

Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)
Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

1967

MPRS mencabut mandat yang diberikan kepada Soekarno sebagai presiden Indonesia melalui sidang istimewa pada 7 Maret 1967. Selain itu, MPRS juga mencabut gelar Pemimpin Besar Revolusi yang disandang Soekarno. Presiden pertama Indonesia itu kemudian secara resmi melepas kekuasaannya pada 12 Maret 1967.

1968

Tentara Amerika Serikat (AS) bersama tentara Vietnam Selatan melakukan Operasi Truong Cong Dinh. Operasi itu bertujuan mengalahkan tentara Viet Chong—tentara dari Vietnam Utara—yang berusaha mencaplok kawasan Vietnam Selatan.

1969

Golda Meir dilantik sebagai perdana menteri ke-4 Israel pada 7 Maret. Ia adalah wanita pertama yang menduduki kursi perdana menteri Israel. Meir menjabat sebagai perdana menteri hingga akhir masa jabatannya pada 1974.



1973

Sheikh Mujib Rahman menjadi perdana menteri pertama Bangladesh. Rahman menang telak dalam pemilihan umum yang digelar untuk kali pertama sejak negara itu memperoleh kemerdekaan dari Pakistan.

Baca juga: Putin Klaim Penghancuran Infrastruktur Militer Ukraina Hampir Tuntas

2007

Turki memblokade akses warganya ke situs berbagi rekaman video, Youtube pada 7 Maret. Pemblokiran itu disebabkan adanya tayangan video yang menghina mantan pemimpin Turki, Mustafa Kemal Ataturk, dalam situs Internet tersebut. Di Turki, penghinaan kepada pemimpin atau mantan pemimpin dalam bentuk apapun adalah suatu pelanggaran hukum.

2007

Pesawat Garuda Indonesia Penerbangan GA-200 jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kecelakaan tergelincir dan akhirnya terbakar pada 7 Maret 2007 sekitar pukul 07:05 WIB di Bandar Udara Adi Sutjipto Yogyakarta. Pesawat ini membawa 133 penumpang, 1 pilot, 1 co-pilot, dan 5 awak kabin. Jumlah korban tewas adalah 22 orang (21 penumpang dan 1 awak pesawat)

2010

Sejumlah desa di pinggiran Kota Jos, Nigeria yang mayoritas penduduknya beragama Kristen diserang kelompok ekstremis muslim. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya 100 warga sipil.

2015

Pada tanggal 7 Maret 2015, bom bunuh diri terjadi di dekat pasar ikan di Maiduguri, Nigeria dan menewaskan sedikitnya 10 orang. Selanjutnya, secara resmi dilaporkan bahwa ada serangkaian lima bom bunuh diri yang diledakkan pada tanggal 7 Maret 2015 di lima lokasi berbeda di kota Maiduguri. Ada 54 orang meninggal dan lebih dari 143 orang terluka

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya