SOLOPOS.COM - Salah satu letusan Gunung Vesuvius Italia. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Pada 7 April 1906 Gunung Vesuvius yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia meletus lagi. Awan panas dan lava gunung berapi mengarah ke Kota Napoli dan menghancurkan kota tersebut.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-97—hari ke-98 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 7 April. Serta menewaskan 100 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Gunung Vesuvius meletus, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 7 April.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain WHO yang didirikan, pada 7 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 7 April:

Fransiskus Xaverius. (Wikipedia.org)
Fransiskus Xaverius. (Wikipedia.org)

1541

Seorang misionaris Kristen asal Portugal, Fransiskus Xaverius, memulai perjalanan menuju kawasan Hindia-Timur dari Lisbon, Portugal.  Bahkan ia kemudian menjalankan misinya dalam menyebarkan di wilayah Goa, India, hingga di wilayah Makassar, Indonesia.

1906

Pada 7 April 1906 Gunung Vesuvius yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia meletus lagi. Kemudian awan panas dan lava gunung berapi mengarah ke Kota Napoli dan menghancurkan kota tersebut. Serta menewaskan 100 orang.

Selain itu Gunung Vesuvius telah meletus beberapa kali sejak erupsi dahsyat itu. Letusan pada 7 April 1906, adalah salah satu dari lebih dari 20 kali erupsi selama 500 tahun terakhir.

1939

Pasukan Italia mulai menginvasi Albania. Kemudian pertempuran meletus selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan Italia yang kemudian menduduki Albania.

1943

Sekitar 1.100 orang Yahudi di Terebovlia, Ukraina dibantai pasukan Jerman pada 7 April. Orang-orang Yahudi itu diperintahkan untuk menanggalkan pakaian mereka dan berbaris sebelum akhirnya ditembaki hingga mati dan dikubur secara massal.

1945

Kapal tempur milik Jepang, Yamato, tenggelam di perairan sebelah utara Okinawa, Jepang. Kapal tersebut tenggelam setelah terlibat pertempuran dengan Sekutu.

1945
Pasukan yugoslavia berhasil membebaskan Kota Vosko di Yugoslavia dari cengkeraman Jerman pada 7 April. Sebelumnya, kota tersebut telah dikuasai Jerman sejak 1941.

1946

Prancis mengakui kemerdekaan Suriah yang sudah dikuasai sejak 1940. Sekitar 10 hari kemudian, seluruh pasukan Prancis telah meninggalkan Suriah.

Logo WHO saat ini. (Reuters)
Logo WHO saat ini. (Reuters)

1948

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 7 April. Kini, WHO bermarkas di Jenewa, Swiss dan dikepalai Tedros Adhanom Ghebreyesus. WHO didirikan sebagai koordinator kesehatan umum internasional.

1952

Manga Astro Boy pertama kali dipublikasikan di majalah Sh?nen pada 7 April. Manga adalah komik atau novel grafik yang dibuat di Jepang atau menggunakan bahasa Jepang. Astro Boy dikenal juga dengan nama Atom Boy adalah seri manga karya Ozamu Tezuka.

Cheng Long alias Jackie Chen. (Reuters)
Cheng Long alias Jackie Chen. (Reuters)

1954

Cheng Long dilahirkan di Hong Kong. Kini. namanya dikenal luas sebagai aktor, sutradara, penyanyi, sekaligus produser dengan nama Jackie Chen. Ia diketahui pernah membintangi, menyutradarai, sekaligus memproduseri beberapa film layar lebar. Jackie Chen memulai kariernya di dunia hiburan sejak 1962 silam.

2003

pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil menduduki Kota Bagdad, Irak pada 7 April. Beberapa hari kemudian, pemerintahan Irak yang dipimpin Saddam Hussein diumumkan telah runtuh.

2017

Serangan bom mendera Drottninggatan, Stockholm, Swedia. Akibatnya, lima orang tewas dan 14 lainnya mengalami luka parah. Serangan itu kemudian dituduhkan kepada pria asal Uzbekistan bernama Rakhmat Akilov.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya