SOLOPOS.COM - Lukisan karya Charles Davidson Bell bertajuk Kedatangan Jan van Riebeeck di Tanjung Harapan, (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pelaut asal Belanda Jan van Riebeeck mendirikan pusat perbekalan di Tanjung Harapan, di ujung paling selatan dari Benua Afrika pada 6 April. Kawasan itu kemudian menjadi kota bernama Cape Town dan menjadi Ibu Kota Afrika Selatan (Afsel) saat itu.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 6 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

1320

Pemerintah Skotlandia mengirim Surat Deklarasi Arbroath kepada Paus Yohanes XXII untuk mempertegas kemerdekaan Skotlandia dari Inggris. Deklarasi Arbroath diyakini ditulis di Biara Arbroath oleh Bernard dari Kilwinning, Kepala Biara Arbroath, serta Kanselir Skotlandia. Surat tersebut dicap oleh 51 magnat dan bangsawan.

Ekspedisi Mudik 2024

1652

Pelaut asal Belanda Jan van Riebeeck mendirikan pusat perbekalan di Tanjung Harapan, di ujung paling selatan dari Benua Afrika pada 6 April. Kawasan itu menjadi tempat bagi para pelaut yang melintas untuk menambah bekal dan berkembang menjadi kota bernama Cape Town dan menjadi salah satu ibu kota Afrika Selatan (Afsel).

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 5 April 2020 Banjir Bandang dan Longsor di Sumbar

Penemuan Galaksi NGC 4236 pada 6 April 1793 (Wikimedia.org)
Penemuan Galaksi NGC 4236 (Wikimedia.org)

1793

Galaksi NGC 4236 juga dikenal sebagai Caldwell 3 adalah galaksi spiral berbatang yang terletak di rasi bintang Draco. NGC 4236 ditemukan oleh William Herschel pada tanggal 6 April 1793.

1875

Staatsspoorwegen (SS)—nama lengkapnya yakni Staatsspoor- en Tramwegen in Nederlandsch–Indië adalah nama sebuah perusahaan kereta api di Hindia Belanda. Perusahaan ini sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Hindia Belanda yang didirikan pada 6 April.

1896

Olimpiade Musim Panas modern pertama dibuka di Athena, Yunani. Olimpiade itu berlangsung selama sembilan hari dan diikuti 245 peserta dari 13 negara. Amerika Serikat (AS) menjadi juara umum dengan meraih 11 medali emas, tujuh medali perak, dan dua medali perunggu.

1917

Amerika Serikat (AS) menyatakan perang terhadap Jerman pada 6 April. Pernyataan itu dikeluarkan dua hari setelah permohonan deklarasi perang Presiden AS Woodrow Wilson kepada Kongres AS dikabulkan. Dengan begitu, AS langsung terlibat dalam Perang Dunia I dan bergabung dengan Sekutu.

Baca juga : Sejarah Hari Ini: 4 April 2016 Batik Air dan Trans Nusa Senggolan

1930

Mahatma Gandi mengambil pasir dan garam di pantai Kota Dandi, India dan menegaskan akan menghancurkan kekuasaan Inggris di India. Peristiwa itu kemudian memulai Gerakan Satyagraha untuk memprotes monopoli garam yang diberlakukan pemerintah Inggris di India.

1941

Pasukan Blok Poros yang terdiri atas Jerman, Italia, dan Hungaria mulai menginvasi wilayah Yugislavia pada 6 April. Akibatnya pertempuran tak terhindarkan selama 12 hari. Kemudian Blok Poros yang menang menduduki Yugoslavia dan menjadikan negara tersebut sebagai negara boneka.

1945

Pasukan Australia berhasil mengalahkan pasukan Jepang di Bougainville, Papua Nugini. Namun, kemenangan Australia itu diraih setelah bertempur melawan pasukan Jepang selama sembilan hari.

Baca juga: Duar! Video Detik-Detik Ukraina Tembak Helikopter Rusia sampai Ambyar

1994

Presiden Rwanda, Juvenal Habyarimana, dan Presiden Burundi, Cyprian Ntayamira, tewas saat pesawat yang mereka tumpangi jatuh di ibu kota Rwanda, Kigali pada 6 April. Ada juga Juvenal Habyarimana dan Cyprian Ntayamira yang pulang dari pertemuan para pemimpin Afrika bagian timur dan tengah di Tanzania untuk membahas upaya mengakhiri kekerasan etnis di Rwanda dan Burundi.



1998

Pakistan berhasil menguji peluru kendali (rudal) jarak menengah yang memungkinkan untuk menyerang India. Bahkan konflik kedua negara tersebut memang sudah berlangsung sejak lama. Setelah Pakistan berhasil menguji rudal jarak menengahnya, India juga gencar mengembangkan senjata nuklir.

2008

Pengeboman Weliweriya 2008 adalah pengeboman yang terjadi pada 6 April. Akibat kejadian ini 15 orang tewas. Adapun bom bunuh diri itu meledak pada saat dimulainya lari maraton yang merupakan bagian dari perayaan Tahun Baru Sinhala dan Tamil di kota Weliweriya, Sri Lanka

KA Sancaka
Lokomotif KA Sancaka terguling setelah menabrak truk trailer pengangkut bantalan rel di Ngawi, 6 April 2018. (Antara)

2018

Kecelakaan KA Sancaka dengan truk trailer yang macet di perlintasan tanpa palang pintu Desa Sambirejo, Mantingan, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur pada 6 April 2018. Truk baru saja menurunkan muatan bantalan rel untuk proyek rel ganda Solo-Madiun. Masinis dan pekerja proyek meninggal dalam kejadian tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya